BPJS Kesehatan

Tugas Dewan Pengawas BPJS Kesehatan

BPJS Ketenagakerjaan berfungsi menyelenggarakan empat program ketenagakerjaan yaitu, program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan hari tua, program jaminan pensiun, dan program jaminan kematian.

Perluasan kepesertaan, pelayanan, dan pengembangan dana jaminan sosial ketenagakerjaan mendapat perhatian serius dari jajaran Dewan Pengawas (Dewas) BPJS Ketenagakerjaan. Berdasarkan Undang-Undang BPJS Nomor 24 Tahun 2011 mengamanatkan Dewan Pengawas menjalankan fungsi pengawasan atas tugas BPJS Ketenagakerjaan.

Dewas atau dewan pengawas  merupakan transformasi Dewan Komisaris, terdiri dari perwakilan unsur pemerintah, pemberi kerja, pekerja, dan tokoh masyarakat. Perbaikan sistem pelayanan pengaduan saat ini juga perlu dilakukan agar memenuhi standar prima pelayanan publik.

Karena jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan hak seluruh pekerja di Indonesia. Salah satu daya tarik bagi peserta dana JHT dan pensiun ialah pengembangan dana jaminan sosial.

Sehingga dapat meningkatkan kinerja investasi yang melibatkan lebih banyak mitra nasional dan BUMN, termasuk kajian penyertaan di proyek infrastruktur. Dewan pengawas bekerja secara konsisten untuk memacu peningkatan kinerja BPJS Ketenagakerjaan sesuai tugas, fungsi dan kewenangannya dewan pengawas BPJS Ketenagakerjaan dapat dirasakan bagi pekerja Indonesia .

Dewan Pengawas berfungsi melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas BPJS Ketenagakerjaan. Dalam menjalankan fungsi tersebut Dewan Pengawas memiliki tugas seperti berikut.

Dewan Pengawas BPJS Kesehatan

Melakukan pengawasan atas kebijakan pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan dan kinerja Direksi.

Tugas dewan pengawas BPJS Ketenagakerjaan ialah melakukan pengawasan atas kebijakan pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan dan kinerja Direksi.  Adapun pengawasan yang dilakukan tersebut meliputi pengawasan dalam hal kebijakan pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan yang terdiri atas program-program ketenagakerjaan seperti jaminan hari tua atau JHT.

Baca juga :  Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

BPJS Ketenagakerjaan ini didapuk sebagai instrumen baru pengganti Jamsostek (jaminan sosial tenaga kerja) yang sudah dikenal sebagai alternatif dari asuransi sosial para pekerja.  Dalam pengelolaan kebijakannya, dewan pengawas BPJS Ketenagakerjaan ini membantu kinerja Direksi.

Melakukan pengawasan atas pelaksanaan pengelolaan pengembangan Dana Jaminan Sosial oleh Direksi.

Tugas dewan pengawas BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan pengawasan atas pelaksanaan pengelolaan pengembangan dana jaminan sosial oleh Direksi. Tujuan dari tugas kedua ini ialah meminimalisir terjadinya penggelapan aliran dana jaminan sosial. Sehingga dibutuhkan pengawasan agar pengelolaan dan pengembangan dana tersebut berjalan sebagaimana mestinya.

Memberikan saran, nasihat, dan pertimbangan kepada Direksi mengenai kebijakan dan pelaksanaan pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan.

Tugas dewan pengawas BPJS Ketenagakerjaan, tidak hanya mengawasi pelaksanaan dan pengelolaan dana dewan pengawas juga harus dan mampu memberikan saran, nasihat, serta pertimbangan kepada Direksi. Agar kebijakan dan pelaksanaan dana BPJS Ketenagakerjaan tersebut berjalan dengan lancar.

Saran dan nasihat sangat dibutuhkan untuk kepala Direksi sebab polemik dari program BPJS Kesehatan ini sangat beragam sehingga dengan adanya dewan pengawas diharapkan mampu memberikan saran dan nasihat yang kontributif.

Menyampaikan laporan pengawasan penyelenggaraan Jaminan Sosial sebagai bagian dari laporan BPJS Ketenagakerjaan kepada Presiden dengan tembusan kepada DJSN

Tugas terberat yang harus dipertanggungjawabkan oleh dewan pengawas BPJS Ketenagakerjaan adalah menyampaikan laporan pengawasan penyelenggaraan jaminan sosial kepada presiden. Laporan harus disampaikan dengan serinci mungkin dan terhindar dari kesalahan kecil. Apalagi sesuatu yang berhubungan dengan angka-angka. Dibutuhkan ketelitian dan kejelian serta kejujuran untuk memegang tugas sebagai dewan pengawas BPJS Ketenagakerjaan. 

Bagi anda yang tergolong para pekerja mandiri atau bukan penerima upah. Anda dapat mendaftarkan diri secara daring melalui gawai dalam waktu kurang dari sepuluh menit. Anda dapat memilih layanan program dari BPJS Ketenagakerjaan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Leave a Comment