BPJS Kesehatan

Tiga Kelas BPJS Kesehatan dan Fasilitasnya

BPJS Kesehatan merupakan sebuah program yang mana semua penduduk Indonesia wajib menjadi pesertanya. Dan, BPJS Kesehatan ini bisa jadi solusi alternatif yang paling baik bagi Anda yang ingin mengikuti program asuransi kesehatan.

BPJS Kesehatan menawarkan 3 kelas yang bisa Anda pilih sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Karena pada setiap kelasnya memiliki fasilitas yang berbeda, berikut penjelasan mengenai 3 kelas BPJS Kesehatan dengan fasilitas yang ada di dalamnya.

3 Kelas BPJS Kesehatan

Sebelum Anda memilih satu di antara 3 kelas BPJS Kesehatan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai rincian kelas BPJS Kesehatan dan fasilitas yang akan Anda dapatkan nantinya. Anda bisa memilih kelas BPJS Kesehatan sesuai dengan fasilitas yang Anda inginkan.

kelas bpjs kesehatan

Memang secara umum, yang menjadi pembeda fasilitas antara 3 kelas BPJS Kesehatan tersebut hanya ruang perawatan yang Anda dapatkan ketika menginap di rumah sakit. Sedangkan untuk obat-obatan maupun rawat jalan, semua peserta BPJS Kesehatan akan memperoleh fasilitas yang sama, sama-sama gratis.

Kelas I BPJS Kesehatan dan Fasilitasnya

Untuk Kelas I BPJS Kesehatan, Anda perlu mengeluarkan biaya iuran sebesar Rp80.000,00 per bulan. Kebijakan ini mulai diberlakukan sejak tahun 2016, di mana jumlah iuran ini mengalami kenaikan setelah sebelumnya iuran untuk Kelas I BPJS Kesehatan hanya sebesar Rp59.500,00 saja.

Berdasarkan tingkat kelasnya, Kelas I merupakan pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan fasilitas yang sangat baik. Pasalnya, Kelas I ini merupakan kelas yang memiliki pelayanan kesehatan yang paling tinggi di antara ketiganya. Besar iurannya, besar pula fasilitas yang didapatkan.

Baca juga :  Daftar 155 Penyakit yang Bisa Ditangani BPJS

Anda akan mendapatkan pelayanan paling nyaman, di mana setiap peserta Kelas I akan memperoleh ruang perawatan dengan kapasitas pasien yang lebih sedikit, yakni hanya 2 sampai 4 pasien. 

Namun apabila Anda ingin mendapatkan pelayanan ruang inap yang lebih privasi, Anda dapat meng-upgrade BPJS Kesehatan Anda ke pelayanan kelas VIP. Bagaimana caranya?

Tentu caranya sangat mudah. Anda hanya perlu membayar kekurangan biaya pada kelas VIP yang akan ditangguhkan oleh pihak dari BPJS Kesehatan.

Kelas II BPJS Kesehatan dan Fasilitasnya

Untuk Kelas II BPJS Kesehatan, besar iuran yang harus Anda bayar adalah Rp51.000,00 per bulan. Sama seperti pada iuran Kelas I, iuran pada Kelas II ini juga mengalami kenaikan sejak adanya kebijakan pada tahun 2016 lalu. Sebelum kebijakan terbaru tersebut, iuran pada Kelas II BPJS Kesehatan hanya sebesar Rp42.500,00 saja. 

Memang secara umum pelayanan yang akan Anda peroleh pada Kelas II akan berbeda dengan pelayanan yang ditawarkan pada Kelas I, mengingat jumlah iuran pada Kelas II yang Rp29.000,00 lebih murah daripada iuran Kelas I.

Pada Kelas II ini akan mendapatkan pelayanan ruang inap yang lebih minim privasi, jika dibandingkan dengan pelayanan ruang inap yang diperoleh pada Kelas I.  Jika pada Kelas I Anda akan mendapatkan ruang inap yang berisi 2 sampai 4 orang, maka pada Kelas II ini Anda akan menempati ruang inap yang berisi 3 sampai 5 orang.

Namun, jika Anda ingin bisa menikmati layanan ruang inap VIP, sama seperti pada Kelas I, Anda dapat meng-upgrade BPJS Kesehatan ini ke pelayanan VIP. Caranya Anda perlu membayar biaya kekurangannya yang sudah ditangguhkan oleh pihak BPJS Kesehatan.

Kelas III BPJS Kesehatan dan Fasilitasnya

Apabila pada 2 kelas di atasnya memiliki kenaikan biaya iuran, maka pada Kelas III ini kenaikan tersebut tidak diberlakukan. Biaya iuran pada Kelas III tidak mengalami perubahan, yakni sebesar Rp25.500,00 per bulan.

Baca juga :  Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan

Kelas III, yang berada dua tingkat di bawah Kelas I ini sebagian pesertanya merupakan masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah, dengan fasilitas yang akan diperoleh nanti berupa ruang inap berkapasitas 4 hingga 6 orang. Bahkan di beberapa rumah sakit, Anda bisa mendapatkan layanan ruang inap dengan kapasitas ruang inap yang lebih banyak.

Nah, begitulah penjelasan mengenai 3 kelas BPJS Kesehatan dan fasilitas yang ditawarkan. Dengan perbedaan biaya iuran yang harus dibayarkan per bulannya, maka pelayanan yang diberikan juga berbeda. Silakan Anda pilih di antara ketiga Kelas BPJS Kesehatan tersebut, bisa berdasarkan biaya iuran yang harus dibayarkan, atau sesuai dengan fasilitas yang Anda inginkan.

Leave a Comment