BPJS Kesehatan

Fitur, Fungsi dan Kegunaan Situs BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan salah satu solusi alternatif jika Anda ingin memiliki asuransi kesehatan. BPJS Kesehatan sendiri merupakan salah satu program jaminan kesehatan milik pemerintah yang berada di bawah naungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS. BPJS Kesehatan adalah program yang mana seluruh masyarakat Indonesia wajib menjadi pesertanya.

Maka dari itu, BPJS Kesehatan yang tersedia untuk setiap lapisan masyarakat, mengupayakan layanan-layanan yang dapat membantu para pesertanya. Pelayanan tersebut diwujudkan dalam situs resmi milik BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk membantu para peserta dalam mengurus BPJS Kesehatan milik mereka. 

Tanpa harus pergi ke kantor BPJS langsung, melalui situs BPJS Kesehatan ini, Anda dapat mengakses berbagai informasi maupun mengurus BPJS Kesehatan Anda dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia di situs BPJS Kesehatan tersebut.

Situs BPJS Kesehatan

Situs BPJS Kesehatan 

Situs resmi milik BPJS Kesehatan ini beralamat bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ yang nantinya ketika Anda membuka lamannya, akan muncul halaman utama dari situs BPJS Kesehatan ini.

Halaman utama ini diisi dengan beberapa pojok topik, seperti berita dan hot info, pojok pengumuman (dengan 3 menu, yaitu umum, info lelang, dan siaran pers), informasi terbaru publik, galeri foto dan video, hingga nomor call center yang bisa Anda hubungi ketika Anda memiliki masalah seputar BPJS Kesehatan Anda.

Tak lupa, Anda juga bisa mencari informasi yang Anda inginkan dengan mengetik kata kuncinya di kolom komentar, dan mesin pencarian akan membantu Anda mendapatkan berita atau informasi tersebut.

Fitur-fitur dalam Situs BPJS Kesehatan

Jika Anda perhatikan kembali, ada tombol panah yang muncul di sisi kanan situs BPJS Kesehatan. Jika Anda mengeklik tombol panah tersebut, maka akan muncul 7 fitur yang disediakan untuk membantu Anda. Tujuh fitur tersebut, di antaranya Autodebit, Cek Iuran BPJS Kesehatan, Pendaftaran Badan Usaha, Fasilitas Kesehatan, Skrining Kesehatan, Whistleblowing System, serta Informasi dan Pengaduan.

Baca juga :  Apakah Crown Gigi Dapat Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan?

Pada fitur pertama yaitu Autodebit, jika Anda mengeklik fitur ini, Anda akan dibawa ke laman pendataran autodebit yang tersedia dalam 2 cara, yaitu melalui bank dan non-bank. Untuk yang melalui bank, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Bank Mandiri dalam pelaksanaan autodebit ini.

Auto Debit sendiri merupakan layanan yang diberikan Bank guna melakukan pendebitan rekening dalam rangka pembayaran Iuran BPJS Kesehatan. Jadi iuran ini nanti akan ditagih dan ditetapkan dari waktu ke waktu, oleh BPJS Kesehatan dari rekening milik peserta jika peserta telah mendaftarakan rekeningnya dalam sistem Auto Debit ini.

Sebelum mendaftarkan, nantinya Anda akan diberi penjelasan mengenai Syarat dan Ketentuan sebagai perjanjian dalam layanan ini.

Kemudian yang kedua ada fitur  Cek Iuran BPJS Kesehatan. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengetahui berapa tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda per bulan atau beberapa bulan. Dalam fitur ini juga disediakan informasi mengenai data diri peserta, seperti identitas diri, jenis keanggotaan, dan juga jumlah tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda.

Ketika Anda ingin menggunakan fitur ini, terlebih dahulu Anda akan diarahkan pada laman yang meminta informasi mengenai nomor kartu BPJS Kesehatan Anda, tanggal lahir, kemudian Anda harus menginput angka validasi untuk bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. 

Apabila Anda telah mengisinya dengan lengkap, di bawah kolom-kolom tadi akan muncul informasi mengenai data dari keanggotaan peserta BPJS Kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas.

Kemudian ada fitur Pendaftaran Badan Usaha, yang mana pada laman ini akan membantu Anda dalam mendaftarkan Badan Usaha milik Anda. Namun, sebelum mendaftarkannya, Anda harus menyerahkan beberapa berkas atau dokumen sebagai syarat pendaftaran, dan pastikan Anda membaca dengan baik syarat dan ketentuan serta hukum yang berlaku pada layanan ini.

Baca juga :  BPJS Kesehatan Adalah Solusi Masalah Pelayanan Kesehatan

Selanjutnya ada fitur Fasilitas Kesehatan dan Skrining Kesehatan. Pada fitur Fasilitas Kesehatan ini, Anda dapat mengecek rumah sakit mana saja dengan fasilitas BPJS Kesehatan yang tersedia. Juga ada menu Peserta, Faskes, dan Pembayaran Klain. 

Sedangkan pada Skrining Kesehatan, Anda dapat melihat kembali riwayat kesehatan melalui fitur ini. Yang harus Anda lakukan hanyalah memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan dan tanggal lahir Anda. Kemudian silakan Anda klik “Cari Peserta”

Selain itu, ada fitur Whistleblowing System, yang mana fitur ini berfungsi untuk pengaduan masalah BPJS Kesehatan. Bisa dalam pelaksanaan pelayanan, maupun pelanggaran oleh petugas BPJS Kesehatannya. Namun untuk bisa mengirimkan pengaduan, ada alur pengaduan yang harus Anda taati. Setelah memahaminya, baru Anda bisa mengirmkan laporan pengaduan.

Dan yang terakhir, adalah fitur Informasi dan Pengaduan yang menyediakan berbagai informasi mengenai BPJS Kesehatan. Informasi-informasi yang disediakan dapat membantu Anda jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pernyataan seputar BPJS Kesehatan.

Begitulah penjelasan mengenai situs BPJS Kesehatan yang disediakan untuk membantu Anda dalam mengurus atau mencari informasi mengenai BPJS Kesehatan. Situs tersebut dapat Anda kunjungi di bpjs-kesehatan.go.id.

Leave a Comment