Prosedur

Prosedur Operasi Cesar Pakai BPJS, Ibu Hamil Wajib Tahu

Prosedur operasi cesar pakai BPJS wajib dipahami dan diketahui oleh para calon ayah atau calon ibu. Terutama bagi Anda yang sudah dalam masa kehamilan 3 bulan atau trimester ketiga. Tentunya harapan untuk mendapatkan persalinan secara aman dan nyaman sangat besar.

Namun terkadang persalinan normal tidak dapat dilakukan dan akhirnya diharuskan untuk melakukan persalinan cesar dimana biaya yang dibutuhkan tidak sedikit dan harus dipertimbangkan.

Namun biaya operasi cesar dapat ditanggung oleh BPJS jika Anda para ibu hamil patuh dalam mengikuti semua prosedur operasi cesar pakai BPJS. Sehingga jika Anda ingin memanfaatkan jaminan kesehatan BPJS untuk operasi cesar wajib mengikuti aturan yang ditetapkan oleh BPJS

Prosedur operasi cesar pakai bpjs

Prosedur Operasi Cesar pakai BPJS

BPJS kesehatan menanggung semua biaya melahirkan baik yang dilakukan secara normal maupun jika harus dilakukan tindakan operasi cesar. Selain itu semua pemeriksaan yang dilakukan oleh ibu hamil mulai dari ketika memeriksakan kandungan, pemeriksaan sebelum melahirkan sampai melahirkan dan bayi baru lahir dapat ditanggung oleh BPJS. 

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut wajib bagi Anda melakukan pembayaran atau iuran rutin sesuai dengan kelas yang Anda pilih. Khusus bayi yang membutuhkan perawatan khusus seperti NICU perlu untuk didaftarkan segera setelah lahir dengan membawa Surat Keterangan Kelahiran. Selain itu untuk dapat memanfaat BPJS para ibu hamil wajib mengikuti aturan.

Setiap ibu hamil wajib untuk melakukan pemeriksaan di faskes 1. Bagi ibu hamil yang didapati adanya indikasi medis seperti sungsang, pecah ketuban dini ataupun adanya penyakit yang diderita dan bersifat membahayakan maka sang ibu berhak mendapat rujukan untuk dilakukan operasi cesar.

Baca juga :  Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Namun apabila dalam keadaan darurat maka setiap ibu hamil langsung saja ke rumah sakit dan tidak perlu surat rujukan dari faskes 1. Selain itu ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan oleh keluarga jika ingin memanfaatkan BPJS untuk operasi cesar.

Dokumen Operasi Cesar

Bagi para ibu hamil yang akan melahirkan setelah semua proses pemeriksaan awal sudah selesai dilakukan dan mendapatkan surat rujukan maka wajib menyiapkan beberapa berkas penting diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kartu BPJS Kesehatan
  • KK atau Kartu Keluarga
  • Kartu Identitas diri atau KTP
  • Buku catatan medis ibu dan anak yang diperoleh dari tingkat sebelumnya
  • Surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat 1 misalkan puskesmas.

Semua dokumen tersebut wajib dibawa dan diserahkan kepada bagian administrasi rumah sakit tempat akan dilakukannya operasi cesar. Adapun biaya operasi cesar yang ditanggung oleh BPJS sesuai dengan tingkat atau kelas yang diikuti pasien.

Biaya Operasi Cesar yang ditanggung BPJS kesehatan

Operasi cesar dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu operasi cesar ringan, sedang dan berat. Biaya operasi cesar yang ditanggung oleh BPJS sesuai dengan tiga tingkatan tersebut serta kelas yang dipilih juga sangat mempengaruhi. Berikut ini adalah rincian biaya operasi cesar yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan:

  • Jenis operasi cesar ringan

Bagi pasien yang melakukan persalinan dengan operasi cesar ringan untuk kelas 1 biaya yang ditanggung oleh BPJS sebesar 7.333.000, untuk kelas 2 sebesar 6.285.500 sedangkan bagi yang berada di kelas 3 sebesar 5.257.900.

  • Jenis operasi cesar sedang

Bagi ibu hamil yang melakukan persalinan operasi cesar sedang maka biaya yang ditanggung oleh BPJS untuk kelas 1 adalah 8.092.000, kelas 2 sebesar 6.936.000 sedangkan untuk kelas 3 sebesar 5.780.000.

  • Operasi cesar berat
Baca juga :  Ketahui Jam Buka Kantor BPJS Kesehatan, Biar Tak Salah Jam

Untuk kelas 1 sebesar 11.081.400, kelas 2 sebesar 9.498.300 sedangkan kelas 3 sebesar 7.915.300.

Demikian itu adalah prosedur operasi cesar pakai BPJS yang wajib dipahami oleh ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment