BPJS Kesehatan

Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan merupakan jaminan kesehatan milik pemerintah yang menjamin pemberian layanan kesehatan untuk seluruh warga Indonesia secara nyata dan merata.

Di dalam keanggotaan BPJS kesehatan itu sendiri memiliki kelas atau tingkatan yang bisa dipilih anggota sesuai dengan keinginannya. Terhitung hingga saat ini ada 3 kelas yang bisa dipilih, untuk itu semua terdapat perbedaan kelas BPJS kesehatan. Bagi yang belum memahami letak perbedaannya silahkan lihat penjelasan di bawah ini

Call center bpjs kesehatan
Call center bpjs kesehatan

Beberapa Perbedaan kelas BPJS kesehatan

Di dalam sistem BPJS kesehatan itu sendiri terdapat 3 kelas atau tiga golongan yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Masing – masing kelas itu terdiri dari kelas I, kelas II, dan kelas III.

Untuk masing – masing – masing memiliki beberapa perbedaan kelas BPJS kesehatan yang bisa menjadi alasan setiap anggota BPJS untuk memilih. Pemilihan kelas dilakukan pada awal pendaftaran sebagai anggota. Berikut beberapa perbedaan kelas BPJS kesehatan, diantaranya:

  • Iuran Per Bulan

Hal utama yang menjadi pembeda masing – masing kelas adalah jumlah iuran BPJS setiap bulan. Sebab setiap anggota BPJS kesehatan dari semua tingkatan kelas memiliki tanggung jawab untuk membayar iuran setiap bulan. Besaran iuran sejak 1 Januari 2020 lalu diperbaharui sesuai dengan peraturan Presiden No. 82 Tahun 2018 mengenai jaminan kesehatan.

Iuran BPJS Kesehatan Terbaru

Perbedaan besaran iuran ini memiliki rincian sebagai berikut, kelas I awalnya RP. 80.000 naik menjadi RP. 160.000, untuk kelas II awalnya RP. 51.000 naik menjadi RP. 110.000, sedangkan kelas III awalnya RP. 25.500 naik menjadi RP. 42.000. jika anda merasa iuran BPJS terlalu mahal bisa turun kelas.

MA sudah menganulir keputusan BPJS Kesehatan, tetapi sampai saat ini BPJS belum terlihat mengikuti keputusan tersebut.

  • Fasilitas perawatan
Baca juga :  Apakah Crown Gigi Dapat Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan?

Perbedaan yang kedua terletak para fasilitas perawatan rawat inap. Memang fasilitas rawat inap ini menjadi perbedaan yang mendasar dan menjadi pertimbangan banyak orang saat memilih kelas BPJS kesehatan, berikut rinciannya:

  • 2 hingga 4 orang per kamar untuk fasilitas yang diterima anggota kelas I
  • 3 hingga 5 orang per kamar untuk fasilitas yang diterima anggota kelas II
  • 4 hingga 6 orang per kamar untuk fasilitas yang diterima anggota kelas III
  • Tarif Indonesia Case Base Groups

Perbedaan yang terakhir adalah tarif INA-CBGS dimana terdapat sebuah aplikasi yang dipakai pihak rumah sakit untuk mengajukan iklan kepada pemerintah. Memang perbedaan yang satu ini belum banyak diketahui orang. Aplikasi ini berisi informasi untuk pasien berdasarkan diagnosa penyakit.

Beberapa informasi penting bisa didapatkan pasien seperti berikut, layanan apa saja yang berhak diterima pasien, prosedur pengobatan penyakit yang diterima pasien, hingga obat apa saja yang berhak diterima pasien hingga pasien benar – benar sembuh.

Untuk perbedaannya terletak pada biaya paket yang harus dibayar oleh pasien. Misalnya untuk pasien diabetes, untuk rawat inap biaya paketnya untuk masing – masing kelas tentunya berbeda, kelas I adalah RP. 10.507.100, untuk pasien kelas II adalah RP. 9.006.100 sedangkan untuk pasien kelas III adalah RP. 7.505.100. 

Demikianlah informasi mengenai perbedaan kelas BPJS kesehatan yang paling mendasar. Beberapa perbedaan ini akan menjadi pertimbangan setiap orang ketika memilih kelas.

Bagi mereka yang menginginkan kamar rawat inap yang nyaman biasanya akan memilih kelas I namun tentunya semua itu ada harganya, karena besaran iuran yang harus dibayar juga pastinya lebih tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih

Leave a Comment