BPJS Pekerja

Penentuan Kelas BPJS Kesehatan Karyawan

Penentuan Kelas BPJS Kesehatan Karyawan

BPJS Kesehatan menawarkan 3 kelas yang dapat Anda pilih sesuai dengan biaya iurannya, atau fasilitas yang ingin Anda dapatkan. Anda bisa memilih Kelas I untuk fasilitas yang paling baik, Kelas II untuk fasilitas menengah, dan Kelas III dengan biaya iuran sebesar Rp25.500,00 per bulan.

Memilih kelas BPJS Kesehatan sesuai keinginan hanya bisa dilakukan oleh peserta BPJS Kesehatan mandiri atau keluarga. Yang artinya, peserta BPJS Kesehatan karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan atau bidang usaha, kelasnya sangat ditentukan oleh gaji atau upah yang mereka terima setiap bulannya.

Sebagai peserta BPJS Perusahaan, mereka hanya boleh mengambil Kelas i atau Kelas II dengan pembayaran iuran bulanan sebagian akan dibayarkan oleh perusahaan, sedangkan sisanya dipotong dari gaji milik karyawan yang bersangkutan tersebut.

Pembagian tarif iuran bulanan untuk BPJS Perusahaan, khusus untuk karyawan yang bekerja di atau pada BUMN, BUMD, atau perusahaan swasta, iuran bulanan yang harus dibayarkan memiliki ketentuan sendiri, yakni sebesar 4% akan dibayar oleh perusahaan, dan sisanya 1% dibayar oleh karyawan yang bersangkutan tersebut.

Lantas, bagaimana penentuan kelas BPJS Kesehatan karyawan?

Penentuan Kelas BPJS Kesehatan Karyawan

Untuk penentuan kelas BPJS Kesehatan karyawan sendiri seperti yang telah diuraikan di atas, bahwa untuk peserta BPJS Kesehatan yang bekerja di sebuah perusahaan, mereka hanya berhak atas hak perawatan atau pelayanan Kelas I atau Kelas II. Hal ini ditentukan oleh gaji bulanan milik karyawan tersebut.

Pelayanan Kelas II BPJS Kesehatan Karyawan

Untuk Kelas II ini, karyawan peserta BPJS Kesehatan yang mendapatkan gaji bulanan sampai dengan sebesar Rp4.000.000,00 setiap bulannya akan mendapatkan Kelas II ini.

Fasilitas Kelas II sendiri sebenarnya akan mendapatkan ruang inap yang lebih minim privasi jika dibandingkan dengan fasilitas atau pelayanan yang didapatkan peserta BPJS Kesehatan Kelas I. Pada Kelas II ini, peserta akan mendapatkan fasilitas ruang inap dengan jumlah pasien 3 sampai dengan 5 orang per kamarnya. 

Namun, jika Anda ingin mendapatkan fasilitas yang memiliki layanan paling tinggi privasinya, maka Anda bisa meng-upgrade BPJS Kesehatan Anda menjadi pelayanan VIP. Caranya hanya dengan Anda perlu membayar kekurangan biaya yang nantinya akan ditangguhkan oleh pihak BPJS Kesehatan.

Pelayanan Kelas I BPJS Kesehatan Karyawan

Sedangkan untuk Anda, karyawan peserta BPJS Kesehatan dengan gaji bulanan antara Rp4.000.000,00 sampai dengan Rp.8.000.000,00 per bulan, akan mendapatkan pelayanan perawatan Kelas I

Kelas yang paling tinggi di antara ketiga kelas BPJS Kesehatan tentunya adalah Kelas I. Yang mana, fasilitas atau pelayanan ruang inap yang ditawarkan lebih privasi ketimbang Kelas II, yakni ruang inap dengan jumlah pasien 2 sampai dengan 4 orang per kamar.

Namun tenang saja, jika Anda masih ingin mendapatkan fasilitas ruang inap yang lebih privasi lagi, silakan Anda upgrade keanggotaan BPJS Kesehatan Anda menjadi keanggotaan dengan fasilitas atau layanan VIP. Caranya cukup mudah, hanya dengan membayar kekurangan biaya yang ditangguhkan oleh pihak BPJS Kesehatan, nantinya Anda akan dibantu untuk meng-upgrade pelayanan ruang inap Anda ke yang lebih privasi, yakni VIP.

Ketentuan Tarif Iuran Bulanan untuk Peserta BPJS Perusahaan

Untuk peserta BPJS Perusahaan sendiri memiliki ketentuan tarif iuran bulanan yang harus dibayarkan untuk setiap karyawan yang termasuk sebagai peserta BPJS Pekerja Penerima Upah (PPU). Untuk peserta BPJS PPU Badan Usaha Swasta tarifnya adalah sebesar 5% dari upah per bulannya, dengan ketentuan sebanyak 4%-nya dibayar oleh perusahaan, dan sisanya 1% dibayar karyawan lewat potongan gaji.

Begitulah penjelasan mengenai penentuan kelas BPJS Kesehatan karyawan. Semoga artikel ini dapat memudahkan Anda dalam mengetahui keanggotaan BPJS Anda. Informasi keanggotaan ini juga bisa Anda dapatkan melalui situs resmi milik BPJS Kesehatan, dan juga melalui aplikasi mobile JKN-KIS BPJS Kesehatan. Selamat mencoba!

Leave a Comment