BPJS Kesehatan

PCare BPJS Kesehatan, Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui

BPJS Kesehatan yang melayani penduduk Indonesia dalam hal jaminan kesehatan, selain memiliki situs resmi di bpjs-kesehatan.go.id dan aplikasi JKN-KIS BPJS Kesehatan, namun juga menyediakan sebuah aplikasi baru yang memiliki nama Primary Care BPJS Kesehatan.

Primary Care atau PCare BPJS Kesehatan ini merupakan sebuah aplikasi baru buatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan tujuan utama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Meski disebut sebagai aplikasi, namun Primary Care ini nyatanya berbasis website, sehingga Anda perlu terhubung dengan jaringan internet ketika akan mengaksesnya.

Sejak dirilis pada tahun 2014 lalu, Primary Care BPJS Kesehatan mengalami perbaikan dan pembaharuan fungsi dan kegunaannya, agar semakin mempermudah peserta BPJS Kesehatan dalam mengaksesnya.

Apa Saja yang Ada pada PCare BPJS Kesehatan?

Aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan ini berisi tentang sistem informasi pelayanan pasien, dengan tujuan agar memudahkan dalam pendaftaran, penegakan diagnosis, terapi pengobatan, serta pelayanan di laboratorium.

Meski begitu, aplikasi ini masih belum dapat diakses untuk umum. Tidak semua pengguna dapat menggunakan layanan PCare BPJS Kesehatan ini. 

Pengguna yang diizinkan merupakan pihak-pihak yang telah mengantongi izin, seperti fasilitas kesehatan yang telah resmi melakukan registrasi ke BPJS. Karena ketika mengakses PCare BPJS Kesehatan ini, Anda memerlukan akses user dan password

pcare bpjs kesehatan

Dan, apabila Anda pernah menemukan sebuah aplikasi bernama PCare BPJS Kesehatan di Google Play Store, maka sebaiknya Anda berpikir-pikir terlebih dahulu sebelum mengunduhnya. Karena aplikasi ini bukanlah aplikasi resmi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan. PCare BPJS Kesehatan ini merupakan aplikasi berbasis website yang dibuat oleh pemerintah.

Lalu, Bagaimana Cara Menggunakan PCare BPJS Kesehatan?

Untuk mengaksesnya, Anda tidak memerlukan usaha yang ekstra karena aplikasi ini pada dasarnya memang dibuat untuk mempermudah peserta BPJS Kesehatan. Beginilah cara menggunakan PCare BPJS Kesehatan.

Baca juga :  Ketahui Jam Buka Kantor BPJS Kesehatan, Biar Tak Salah Jam

Langkah pertama, silakan Anda kunjungi terlebih dahulu situs PCare BPJS Kesehatan di pcare.bpjs-kesehatan.go.id.

Setelah laman itu terbuka, maka Anda akan diminta untuk memasukkan username tempat Anda bekerja. Setelah itu Anda juga diminta untuk memasukkan captcha di kolom yang telah disediakan.

Setelah Anda berhasil login, selanjutnya Anda akan diarahkan ke laman utama PCare BPJS Kesehatan yang berisikan indeks pasien.

Ketika Anda telah diarahkan ke laman utama, silakan Anda entri data. Dan pada menu ini, akan ada 2 pilihan yang bisa Anda pilih, yaitu pendaftaran dan pelayanan.

Jika untuk pasien yang berobat, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi nomor BPJS Kesehatan peserta, kemudian klik “Cari”.

Sedangkan untuk pasien yang merupakan seprang pasien faskes tempat Anda bekerja, maka identitas tersebut akan muncul otomatis. Selanjutnya Anda tinggal melengkapi bidang-bidang yang kosong, seperti jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, dan tekanan darah.

Setelah Anda melengkapinya, silakan Anda klik “Simpan”, kemudian kembali lagi ke entri data, dan pilih menu pelayanan. 

Selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi kolom-kolom seperti tadi, yaitu kolom terapi dan diagnosis. Lalu, klik “Simpan”. Dengan begini, tahap memasukkan data untuk pasien BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) telah selesai.

Kemudian, Anda dapat melihat data pasien yang berobat ke faskes tempat Anda bekerja, mulai dari kegiatan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan, hingga sepuluh penyakit terbanyak.

Selain itu pada PCare BPJS Kesehatan ini juga memiliki menu tools, yang mana Anda dapat mengubah kata sandi akun PCare BPJS Kesehatan Anda dan masuk ke LUPIS BPJS agar Anda dapat melihat serta mengedit jumlah pekerja faskes tingkat pertama di tempat Anda bekerja.

Baca juga :  Tugas Dewan Pengawas BPJS Kesehatan

Dan, jika Anda melihat simbol akun di sebelah kiri, silakan klik simbol tersebut untuk menemukan data administrasi. Selain itu Anda juga dapat diarahkan pada menu log out jika Anda ingin keluar dari aplikasi PCare BPJS Kesehatan jika Anda telah selesai mengaksesnya.

Begitulah penjelasan singkat mengenai aplikasi berbasis website milik BPJS Kesehatan, yakni Primary Care atau PCare BPJS Kesehatan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang masih belum mengetahui aplikasi PCare BPJS Kesehatan ini.

Leave a Comment