BPJS Kesehatan

Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Pengguna BPJS sudah makin banyak di Indonesia. Salah satu alasannya adalah pemakaian BPJS yang aksesnya dapat dibilang cukup mudah dan dapat menjadi alternatif dari asuransi kesehatan. 

Tetapi karena banyaknya masyarakat Indonesia yang belum tersebar secara sempurna pendidikannya, pemakaian BPJS belum bisa dilakukan secara sempurna. 

Kurangnya pemahaman tentang langkah dan proses BPJS inilah yang membuat BPJS menjadi kurang efektif di Indonesia. Padahal, pemerintah sudah banyak memperkenalkan langkah dan proses BPJS melalui perusahaan asuransi swasta. 

Penggunaan BPJS untuk ibu hamil adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh rakyat Indonesia. Yang dimulai dari masa kehamilan, persalinan, dan pasca kelahiran. Maka dari itu, yuk ikuti terus artikel ini supaya Anda mengetahui secara lengkap layanan proses dan fase BPJS untuk ibu hamil.

3 Layanan BPJS Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Layanan Masa Kehamilan 

Masa kehamilan merupakan proses yang panjang dan cukup memberatkan untuk para ibu hamil. Tetapi proses ini juga menjadi salah satu yang terpenting di kehamilan karena bisa mengetahui kesehatan dan keselamatan bayi. Para ibu hamil juga jadi mengetahui makanan apa saja yang diperbolehkan saat hamil. 

Saran untuk para ibu yang mempergunakan BPJS pada masa kehamilan, daftarkanlah diri Anda sejak jarak jauh agar saat hamil bisa langsung menggunakan layanan BPJS kesehatan.

BPJS ini memperbolehkan para ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan rutin. Bisa dilakukan di Fasilitas-Fasilitas Kesehatan Umum Tingkat Satu, seperti klinik, puskesmas, dan lain sebagainya dengan catatan sudah terdaftar. 

Para ibu hamil akan langsung ditangani oleh tenaga medis yang akan memberitahu langsung seperti apa kemampuan dan pengetahuan yang terbaik untuk si baby.

Keuntungan dari BPJS ini adalah jika Anda merasa Fasilitas-Fasilitas Tingkat Satu kurang fasilitasnya dan mempunyai pengetahuan yang kurang spesifik, Anda juga bisa berkunjung ke Fasilitas-Fasilitas Kesehatan Tingkat Kedua, yaitu rumah sakit. Tetapi jika diketahui sang ibu datang ke fasilitas tingkat satu dan mempunyai masalah medical yang cukup tinggi, sang ibu juga akan langsung dipindahkan ke fasilitas kesehatan tingkat dua.

Baca juga :  Prosedur Operasi Cesar Pakai BPJS, Ibu Hamil Wajib Tahu

Layanan USG

Layanan Ultrasound Sonography adalah salah satu tindakan medis untuk mengetahui kondisi dan kesehatan sang bayi. Tindakan ini pasti selalu dilakukan oleh para ibu hamil.

Layanan BPJS Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Tetapi ternyata layanan USG ini hanya dipunyai klinik bersalin atau rumah sakit yang terbilang cukup tinggi fasilitasnya.

Dikarenakan biaya USG yang cukup tinggi, BPJS mengeluarkan kebijakan sendiri. Ada dua kebijakan yang dikeluarkan oleh BPJS, yaitu USG yang ditanggung BPJS ( syaratnya adalah ibu hamil mempunyai masalah kesehatan yang serius di dalam kandungan ) dan USG yang tidak ditanggung BPJS ( tidak mempunyai masalah kesehatan yang serius di dalam kandungan ).

Layanan Persalinan Atau Operasi Caesar

Sama seperti kedua layanan BPJS untuk ibu hamil sebelumnya, para ibu hamil akan dibawa ke fasilitas kesehatan tingkat pertama, tetapi jika ibu hamil mempunyai kondisi kesehatan kandungan yang cukup serius, maka sang ibu akan dibawa ke fasilitas kesehatan tingkat kedua.

Tetapi jika ternyata, tiba-tiba sang ibu hamil mengalami kondisi kesehatan yang cukup serius dan harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat, maka keluarga sang ibu tidak perlu melapor kepada kantor cabang BPJS terlebih dahulu. 

Kondisi kesehatan yang cukup serius meliputi pendarahan, kejang-kejang, ketuban pecah dini, dan lain sebagainya.

Nah bagi Anda para ibu hamil yang ingin melakukan proses kehamilan secara caesar. BPJS mempunyai dua kewajiban. Yang pertama, operasi caesar yang ditanggung BPJS (syaratnya dokter harus merekomendasikan sang ibu untuk operasi caesar) dan yang kedua, operasi caesar yang tidak ditanggung BPJS ( karena inisiatif dari pasien sendiri)

Itu saja 3 layanan BPJS kesehatan untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para calon ibu hamil di masa depan yang ingin menggunakan BPJS.

Baca juga :  Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan dengan JKN Online

Leave a Comment