Faskes

Kode Fasilitas Kesehatan Badan Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan

Kode fasilitas kesehatan (faskes) ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia dan dapat digunakan untuk mencari detail dari fasilitas kesehatan (faskes) yang dimaksud khususnya di kota atau kabupatennya masing – masing peserta, serta untuk mendaftarkan diri sebagai anggota fasilitas kesehatan (faskes) tersebut dan ketika Anda mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) pada fasilitas kesehatan tersebut.

Kode fasilitas kesehatan (faskes) juga digunakan untuk menunjukkan rujukan fasilitas kesehatan (faskes) dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama ke fasilitas kesehatan (faskes) tingkat atau fasilitas kesehatan (faskes) tingkat lanjutan (FKRTL).

Kode fasilitas kesehatan (faskes) disajikan dalam bentuk data per kota atau kabupaten untuk membantu peserta dan calon peserta dalam memilih fasilitas kesehatan (faskes) terdekat yang sesuai dengan kebutuhannya masing – masing.

Kode fasilitas kesehatan (faskes) ini meliputi kode fasilitas kesehatan (faskes) untuk rumah sakit, kode fasilitas kesehatan (faskes) untuk pusat kesehatan masyarakat, kode fasilitas kesehatan (faskes) untuk dokter praktek perorangan, kode fasilitas kesehatan (faskes) untuk dokter gigi, kode fasilitas kesehatan (faskes) untuk klinik utama, kode fasilitas kesehatan (faskes) untuk klinik pratama, dan kode fasilitas kesehatan (faskes) untuk apotek.

Kode fasilitas kesehatan (faskes) akan terdaftar secara otomatis setelah Anda mendaftarkan diri di fasilitas kesehatan (faskes) tersebut,  baik ketika Anda melakukan pendaftaran sebagai anggota baru BPJS Kesehatan maupun ketika Anda melakukan penggantian fasilitas kesehatan (faskes).

Kode fasilitas kesehatan (faskes) sendiri tersusun atas 8 (delapan) karakter kode dengan susunan sebagai berikut.

  • Empat (4) angka pertama menunjukkan lokasi atau wilayah khususnya desa atau kecamatan
  • Satu (1) huruf setelah empat angka wilayah menunjukkan jenis fasilitas kesehatan (faskes)
Baca juga :  Daftar Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Jabodetabek

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, kode fasilitas kesehatan (faskes) BPJS Kesehatan meliputi berbagai jenis fasilitas kesehatan (faskes), yaitu rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat, dokter praktek perorangan, dokter gigi, klinik utama, klinik pratama, dan apotek. Berikut kode untuk masing – masing jenis fasilitas kesehatan (faskes).

  • R adalah kode untuk fasilitas kesehatan (faskes) berupa rumah sakit. Contoh : 0168R002
  • U adalah kode untuk fasilitas kesehatan (faskes) berupa dokter praktek perorangan, Contoh : 0168U002
  • G adalah kode untuk fasilitas kesehatan (faskes) berupa dokter gigi. Contoh : 0175G002
  • S adalah kode untuk fasilitas kesehatan (faskes) berupa klinik utama. Contoh : 0175U002
  • B adalah kode untuk fasilitas kesehatan (faskes) berupa klinik pratama. Contoh : 0175B015
  • A adalah kode untuk fasilitas kesehatan (faskes) berupa apotek. Contoh : 0175A005
  • Khusus untuk Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) tidak memiliki kode dan nomor urutnya empat (4) digit terakhir.Contoh : 11081401
  • Tiga (3) angka terakhir menunjukkan urutan pendaftaran fasilitas kesehatan (faskes)sesuai kode masing – masing. 

Khusus untuk fasilitas kesehatan (faskes) berupa Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas), 8 (delapan) karakter kode seluruhnya berisi angka dengan susunan sebagai berikut. 

  • Empat (4) angka pertama menunjukkan lokasi atau wilayah khususnya desa atau kecamatan
  • Empat (4) angka terakhir menunjukkan urutan pendaftaran fasilitas kesehatan (faskes) sesuai kode masing – masing. 
  • Contoh kode fasilitas kesehatan (faskes) berupa Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) : 01680103, 01680104, 11080101, 11080102, dan seterusnya

Data kode fasilitas kesehatan (faskes) yang telah diterbitkan oleh  BPJS Kesehatan meliputi 34 provinsi di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Total terdapat 514 daftar  kode fasilitas kesehatan (faskes) BPJS Kesehatan kabupaten – kota di seluruh penjuru Nusantara yang telah diterbitkan oleh BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu, urutan penomoran pada kode fasilitas kesehatan (faskes) dibedakan sesuai jenisnya dan diurutkan berdasarkan wilayah kabupaten – kota atau provinsinya (khusus untuk pusat kesehatan masyarakat (puskesmas)). 

Baca juga :  Sangat Gampang, Begini Cara Pindah Faskes BPJS

Leave a Comment