Prosedur

Sangat Gampang, Begini Cara Pindah Faskes BPJS

Cara pindah faskes BPJS sangat mudah dan dapat dilakukan secara online. Namun banyak masyarakat yang merasa berat melakukan pemindahan faskes karena malas mengurus dan beranggapan bahwa pasti sangat sulit dan memakan banyak waktu. Pemilihan faskes alangkah lebih baik jika dekat dengan tempat Anda tinggal. Mengapa harus pindah faskes? Bagaimana caranya?

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Cara Pindah Faskes BPJS Gampang

Melakukan pemindahan faskes BPJS dekat rumah merupakan pilihan yang tepat. Mengingat cara pindah faskes BPJS tidak sulit dan sangat cepat. Keuntungan memilih faskes yang dekat rumah diantaranya adalah Anda mendapatkan penanganan pertama secara cepat, berobat menjadi lebih dekat, dan lain sebagainya. 

Faskes merupakan faktor penting jika Anda akan menggunakan kartu BPJS untuk mengcover biaya pengobatan Anda di rumah sakit besar atau rujukan. Karena jika Anda berobat menggunakan BPJS ke rumah sakit besar dengan fasilitas yang lebih lengkap, maka Anda harus mempunyai surat rujukan dari faskes 1 yang Anda pilih.

Sehingga jika faskes Anda jauh dari rumah, sangat perlu dilakukan pemindahan faskes yang dekat dari rumah Anda. Berikut ini adalah cara pindah faskes yang sangat gampang:

Pindah faskes secara online

Anda dapat melakukan pemindahan faskes hanya dari smartphone yang anda miliki. Hal ini merupakan terobosan baru yang dibuat oleh pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam urusan menjamin kesehatan.

Cukup dengan menggunakan aplikasi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) Anda sudah dapat melakukan perubahan data dan mendapatkan informasi lainnya yang tentunya masih berhubungan dengan BPJS.

Untuk mengganti faskes pastikan dalam smartphone Anda sudah ada aplikasi JKN, namun jika belum ada Anda dapat mendownload aplikasi tersebut dari playstore atau appstore. Jika Anda sudah mempunyai aplikasi JKN langsung saja login menggunakan kartu BPJS Anda dan pilih menu Ubah Data Peserta.

Baca juga :  Bagaimana Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan?
Cara Pindah Faskes BPJS

Setelah itu pada kolom faskes Anda akan diminta untuk memilih provinsi, kabupaten dan faskes yang Anda harapkan. Misalkan sebagai berikut:

Toni tinggal di Lamongan Provinsi Jawa Timur, kemudian Toni ingin memindahkan faskes yang dekat dengan rumahnya yaitu Klinik Permata Indah. Maka pada kolom tersebut toni harus mengisi data baru sebagai berikut:

  • Provinsi: Jawa timur
  • Kabupaten: Lamongan
  • Fasilitas Kesehatan: Klinik Permata Indah
Cara Pindah Faskes BPJS

Setelah data tersebut sudah diisi, maka Anda tinggal menunggu kode verifikasi yang nantinya akan dikirim melalui nomor ataupun email yang Anda cantumkan ketika mendaftar. Apabila sudah ada kode verifikasi yang dikirim maka langsung isikan pada kolom yang diminta saat mengubah data diri dan klik verifikasi.

Maka tahap mengubah faskes sudah selesai Anda lakukan. Namun faskes yang baru, dapat Anda gunakan berobat ketika sudah 1 bulan dari Anda melakukan perubahan. Sehingga jika sakit Anda dapat berobat di faskes sebelumya.

Pindah faskes offline

Pindah faskes secara offline dapat langsung Anda lakukan di kantor BPJS terdekat dan melakukan pengisian formulir. Adapun berkas yang dibutuhkan untuk keperluan mengisi formulir diantaranya adalah KTP, kartu BPJS, KK, bukti pembayaran terakhir, dan surat keterangan domisili.

Untuk mengisi data diri pada formulir yang diberikan harus dengan teliti. Jangan sampai ada yang salah. Pengisian formulir tersebut dapat Anda lakukan di kantor BPJS maupun di rumah.

Setelah formulir sudah terisi pastikan data yang Anda isikan sudah benar. Kemudian langsung saja serahkan formulir tersebut ke bagian loket. Demikian itu adalah cara pindah faskes BPJS. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment