BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang

BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia yang difasilitasi oleh Pemerintah. Pemerintah mewajibkan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk memiliki BPJS Kesehatan untuk memastikan kesejahteraan dan keamanan di masa depan yang dibuktikan dengan kartu BPJS jika Anda sudah terdaftar dalam asuransi kesehatan milik pemerintah ini.

Pemerintah juga mewajibkan bagi semua institusi atau badan usaha untuk mendaftarkan karyawannya pada BPJS. Pentingnya kartu BPJS membuat kita selalu membawanya kemana saja.

Lalu bagaimana jika kartu BPJS Anda hilang yang penyebab hilangnya kartu BPJS pun bermacam-macam mulai dari lupa menyimpan, tertinggal di suatu tempat, ,hilang karena bencana alam bahkan hingga dompet yang berisikan kartu BPJS dicuri. Hilangnya kartu ini tentunya membuat Anda menjadi resah, bagaimana jaminan kesehatan akan tertanggung jika kartu bpjs hilang?

Kabar baiknya, mengurus pengganti kartu BPJS Kesehatan yang hilang bisa dilakukan secara online atau offline.

Secara Online Melalui Aplikasi Mobile JKN

Anda tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan. Apalagi sampai harus mengurus surat kehilangan dari kantor polisi.  Anda juga bisa mencetak sendiri kartu e-ID melalui Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini dapat Anda unduh di Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk Anda pengguna iOS.

Kartu e-ID adalah kartu yang fungsinya sama dengan kartu BPJS kesehatan Anda. Baik e-ID maupun kartu BPJS Kesehatan memuat informasi yang sama. Sehingga, peserta BPJS Kesehatan dapat menggunakannya untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk mencetak kartu e-ID:

  • Unduh aplikasi mobile JKN melalui google playstore atau Appstore
  • Kemudian lakukan registrasi dengan mengisi data pribadi Anda seperti nomor kartu BPJS, KTP, nomor telepon dan lainnya
  • Selanjutnya login menggunakan nomor kartu/username/email dan password yang sudah Anda buat
  • Lalu pilih menu “Kartu Peserta”
  • Pilih ikon email dan ikuti prosesnya selanjutnya
  • Cek email Anda dan temukan file yang dikirim oleh BPJS Kesehatan
  • Unduh, cetak dan laminating kartu e-ID agar dapat lebih awet.
Baca juga :  Solusi Mengatasi Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Cara ini dapat dilakukan jika Anda ingat dengan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda. Kalau Anda lupa, maka jalan satu-satunya untuk mendapatkan kartu pengganti adalah dengan mengurus langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Secara Offline Melalui Kantor Cabang BPJS

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum mendatangi kantor BPJS Kesehatan, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah sejumlah dokumen yang menjadi syarat. Di bawah ini adalah dokumen yang harus Anda siapkan:

  1. Kartu Keluarga (KK) baik asli maupun fotocopy.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda baik asli maupun fotocopy.
  3. Surat pernyataan kehilangan yang Anda buat sendiri dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000. Format bebas bisa diketik atau ditulis tangan.

Setelah semua dokumen Anda lengkapi, berikutnya Anda bisa mengikuti langkah dibawah ini:

  1. Datang ke kantor cabang BPJS terdekat atau ke kantor BPJS tempat Anda mendaftar sebagai peserta sehingga proses bisa berjalan lebih mudah dan cepat
  2. Saat tiba di kantor BPJS Anda dapat langsung menuju pusat layanan dan menginformasikan kalau kartu BPJS Anda hilang dan minta dibuatkan duplikatnya
  3. Petugas biasanya akan langsung meminta segala dokumen persyaratan diatas  untuk keperluan administrasi dan pencocokan identitas dengan kartu sebelumya
  4. Saat semua dokumen sudah dianggap valid, maka pembuatan kartu BPJS baru akan diproses. Proses pencetakan kartu biasanya memakan waktu satu hari. 

Leave a Comment