BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login ke BPJS Ketenagakerjaan

Ada beberapa penyebab mengapa tidak bisa login pada akun BPJS Ketenagakerjaan diantaranya lupa email atau password, email yang sudah terdaftar tetapi juga tidak bisa login. 

Ketika tidak bisa login ke akun Anda maka Anda jadi tidak bisa memanfaatkan berbagai fitur menarik serta informatif yang tersedia di dalam aplikasi BPJSTKU seperti cek saldo JHT secara online, mengakses kartu digital BPJS ketenagakerjaan, mencari alamat kantor cabang BPJS TK terdekat, mengajukan pencairan dana JHT secara online lewat layanan E-klaim JHT, dan berbagai menu-menu lainnya.

Solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut adalah

  • Lupa PIN / Password

Salah satu kemungkinan Anda lupa PIN atau password adalah Anda sudah lama tidak menggunakan aplikasinya, atau karena baru ganti smartphone, atau bisa saja karena saking banyaknya password yang harus diingat, atau memang dasarnya pelupa, sehingga password/PIN untuk masuk ke akun BPJTKu benar-benar terlupakan. 

Saat butuh dan mau login malah lupa kata sandinya. Lupa PIN bisa diatasi dengan syarat Anda masih bisa mengakses email Anda yang sebelumnya Anda gunakan untuk registrasi akun BPJSTK, baik itu registrasi lewat aplikasi BPJSTKU (dulu bernama aplikasi BPJSTK Mobile), maupun registrasi via layanan personal services di website BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut tahapan mengganti PIN/password akun BPJTKU:

  • Buka Aplikasi BPJTKU.
  • Kemudian klik Login.
  • Di halaman Login, klik tulisan “Lupa Kata Sandi”.
  • Silahkan masukkan Alamat Email Anda saat melakukan pendaftaran untuk dilakukan pencarian akun. Kemudian pilih “selanjutnya”.
  • Buka email Anda kemudian periksa kotak masuk. Anda akan menerima pesan dari BPJS Ketenagakerjaan berisi kode verifikasi berupa angka-angka sebanyak enam digit.
  • Masukkan kode verifikasi yang diterima di dalam email tadi secara cepat karena kode hanya berlaku selama 1 menit. Setelah itu klik “selanjutnya”
  • Buat kata sandi (password) baru minimal terdiri dari 8 karakter kemudian klik “selanjutnya”
  • Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi berupa “kata sandi Anda sudah diatur ulang, silahkan loin menggunakan kata sandi baru Anda” 
  • Penggantian kata sandi selesai, silahkan login menggunakan sandi baru Anda. 
  • Lupa PIN Dan Password Email 
Baca juga :  Berapa Potongan BPJS Ketenagakerjaan?

Masalah lainnya yang sering kali terjadi adalah lupa PIN untuk login ke akun BPJSTKU, hanya ingat alamat emailnya saja namun lupa kata sandi atau password email tersebut, sehingga tidak bisa digunakan untuk memperoleh kode verifikasi untuk melakukan pemulihan kata sandi. 

Untuk masalah ini, langkah yang harus dilakukan adalah memperbarui password emailnya terlebih dahulu dengan menggunakan nomor telepon atau alamat email lain yang dihubungkan dengan email yang password lupa tersebut. Setelah email dapat diakses, Anda tinggal mengganti PIN akun BPJSTKU seperti permasalahan pertama di atas.

  • Lupa PIN Sekaligus Lupa Email

Permasalahan lainnya adalah tidak ingat email untuk login ke aplikasi BPJSTKu ini merupakan permasalahan yang paling fatal. Itu artinya sama saja Anda sudah kehilangan akun BPJS Anda. 

Kalaupun Anda mau daftar lagi dengan cara membuat akun yang baru dengan email yang berbeda juga tidak mungkin bisa, sebab no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/BPJS Ketenagakerjaan dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sudah terdaftar di email sebelumnya.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan cara mereset akun Anda. Ada dua cara mereset akun yang pertama dengan cara menghubungi call center BPJS ketenagakerjaan atau yang kedua Anda bisa menghubungi BPJS melalui halaman Facebook. 

Proses reset akun bisa memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Jadi Anda harus bersabar. Jika kita coba registrasi akun baru dengan submit data-data kependudukan, tapi muncul pemberitahuan bahwa NIK kita sudah terdaftar itu berarti akun Anda masih dalam proses reset.

Namun jika sudah tidak ada notif tersebut, dan saat submit-submit data berjalan lancar, berarti akun BPJSTKU Anda sudah berhasil direset.

Leave a Comment