BPJS Mandiri

Cara Mengaktifkan BPJS yang Telat Bayar

Kesadaran masyarakat memiliki peran penting bagi BJPS terkhususnya masalah proses pembayaran yang di dalamnya tidak berjalan lancar. Sebagian besar penduduk Indonesia merasa sangat terbantu dengan kehadiran pelayanan BPJS Kesehatan terutama bagi yang belum memiliki layanan asuransi kesehatan dalam bentuk yang lain.BPJS memberi kemudahan akses jaminan kesehatan yang terjangkau bagi mereka.

Namun seiring berjalannya waktu, masih banyak masyarakat awam yang belum paham betul dengan ketentuan BPJS. Ada yang sengaja membuat BPJS Kesehatan sewaktu hendak melahirkan tetapi setelah itu tidak membayar tagihan atau iuran. Kasus lain yang sering muncul ialah banyak yang lupa dan telat membayar.

Karena merasa keadaan tubuhnya baik-baik saja. Akibatnya lupa membayar tagihan dan kartu BPJS Kesehatan terblokir hingga bertahun-tahun. Salah satu kasus yang sering terjadi di masyarakat adalah kondisi telat bayar iuran yang sering dilkukan  sebagian besar peserta BPJS Kesehatan. Untuk itu, anda perlu mengetahui cara mengaktifkan kartu BPJS yang telat bayar, caranya sebagai berikut.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan 

Kendala besar bagi BPJS Kesehatan adalah banyak peserta yang terlambat membayar iuran keanggotaannya sehingga  BPJS terganggu dalam memberikan jaminan layanan kesehatan bagi peserta lainnya. Kasus seperti ini sering terjadi dan berulang  dan tentunya akan sangat merepotkan.

Apalagi jika ternyata anda harus menggunakan kartu tersebut pada waktu yang mendesak. Tentunya anda kebingungan mencari sejumlah dana untuk berobat dalam kondisi yang sangat mendesak.

Hal yang sangat tidak diinginkan bukan? Untuk itu, penting bagi anda untuk melakukan cek tagihan setiap bulannya ke Bank atau kantor Pos terdekat. Agar anda tidak telat membayar selalu cek tagihan BPJS Kesehatan dan jangan lupa membayar sesuai dengan jumlah tagihan.

Baca juga :  Kode Faskes BPJS Kesehatan di Jakarta Barat

Lunasi Iuran BPJS Kesehatan

Kartu peserta BPJS yang sudah terblokir oleh sistem karena penunggakan iuran selama lebih dari 3 bulan, solusi yang dapat anda dipilih dengan cara melunasi seluruh tagihannya beserta sejumlah denda yang telah ditetapkan dalam aturan BPJS Kesehatan.

Proses pelunasan tunggakan ini dapat anda lakukan sebagaimana membayar iuran bulanan lainnya. Peserta tidak harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Anda dapat melakukan pembayaran pada tempat-tempat yang memang biasa dan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, seperti fasilitas ATM, kantor pos, Alfamart, Indomaret, dan yang lainnya.

BPJS Kesehatan menetapkan aturan terkait masalah keterlambatan pembayaran tersebut di dalam undang-undang. Bagi peserta BPJS Kesehatan yang terlambat melakukan pembayaran iuran, peserta tersebut akan dikenakan denda sebesar 2% dari jumlah iuran yang harus dibayarkan.

Bagi mereka yang  terlambat lebih dari 3 bulan, pihak BPJS akan melakukan pemblokiran terhadap kartu BPJS yang bersangkutan. Namun, sebelum melakukan tindakan pemblokiran terhadap kartu BPJS Kesehatan yang menunggak iuran, pihak BPJS Kesehatan terlebih dahulu akan mengirimkan surat peringatan kepada peserta BPJS yang bersangkutan.

Oleh karena itu, peserta akan mengetahui dengan jelas bahwa kartu BPJS akan segera diblokir dan tidak dapat dipergunakan lagi. Anda harus melunasi iuran terlebih dahulu baru dapat melanjutkan tindakan selanjutnya.

Aktifkan Kartu BPJS Kesehatan 

Pembayaran tunggakan iuran sekaligus  denda ini tujuannnya akan sangat memudahkan sistem untuk dapat mengaktifkan kembali kartu BPJS yang tertunggak. Pengaktifan kembali kartu BPJS akan berlangsung secara otomatis. Anda harus menunggu pelunasan dulu beberapa hari atau paling lambat 2 x 24 jam setelah melakukan pelunasan tunggakan.

Hal ini wajar saja terjadi dan tidak perlu terlalu khawatir. Anda dapat mendatang kantor BPJS terdekat dengan membawa kartu BPJS Kesehatan dan lakukan pembukaan blokir secara manual di sana. Perlu diperhatikan juga, jangan melakukan pembukaan blokir dalam waktu mendesak karena cukup beresiko. 

Baca juga :  Cara Mudah Cek Denda BPJS Kesehatan

Terlambat melakukan pembayaran iuran sering kali terjadi di kalangan peserta BPJS Kesehatan. Sehingga pihak penyelenggara BPJS memberi sanksi berupa pemblokiran kartu BPJS bila tunggakan lebih dari 3 bulan.

Untuk dapat mengaktifkan kartu BPJS agar aktif kembali perlu dilakukan pelunasan dengan segera dan buka blokir pada kartu BPJS sehingga kartu tetap dapat digunakan dan peserta dapat menikmati fasilitas kesehatan yang diberikan BPJS Kesehatan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat. 

Add Comment

Leave a Comment