BPJS Mandiri

Cara Mengaktifkan BPJS Yang Diblokir Karena Telat Bayar

Masyarakat pengguna fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menunjukkan kenaikan selama beberapa waktu belakangan ini. Sebagian besar masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya layanan kesehatan tersebut, terutama bagi mereka yang belum memiliki layanan asuransi.

Karena penggunaan BPJS Kesehatan justru memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses jaminan kesehatan yang lebih terjangkau dan mudah.

Agar masyarakat bisa menjadi peserta BPJS kesehatan dan mendapatkan jaminan kesehatan, maka program BPJS kesehatan menyediakan kategori kepesertaan yang meliputi: 

  1. BPJS kesehatan bukan penerima upah  atau dikenal sebagai bpjs mandiri,
  2. BPJS kesehatan peserta penerima upah (PPU atau dikenal sebagai bpjs kesehatan badan usaha)
  3. BPJS kesehatan Peserta bantuan iuran (PBI) yang iuran bulanannya dibayarkan oleh pemerintah.

BPJS mandiri adalah iuran bulanan harus dibayar oleh sendiri, namun di BPJS mandiri ini terdiri dari 3 kelas yaitu kelas 1 kelas 2 dan kelas 3, dimana setiap kelas tersebut besar iuran bulanannya berbeda satu sama lain, umumnya kelas 1 paling besar diikuti oleh kelas 2 dan kelas 3.

Adanya kategori kelas BPJS tersebut dimaksudkan agar semua lapisan masyarakat bisa ikut menjadi peserta BPJS kesehatan dan mereka tidak merasa terbebani dengan iuran bulanan yang harus dibayarkan. Mereka bisa memilih kelas BPJS sesuai dengan kemampuan ekonomi mereka, sehingga mereka bisa membayar iuran bulanan bpjs tidak sampai terlambat atau menunggak. 

Kartu BPJS Terblokir, Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Namun jika Anda terlambat melakukan pembayaran maka kartu BPJS Anda akan diblokir. Lalu bagaimana cara mengaktifkan kembali kartu BPJS yang telah terblokir? Berikut solusinya.

Jika kartu peserta BPJS Anda terlanjur terblokir oleh sistem karena Anda terlambat melakukan pembayaran/penunggakan iuran selama lebih dari 3 bulan, satu-satunya solusi yang bisa Anda lakukan adalah melunasi seluruh tagihannya berikut sejumlah bunga yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS Kesehatan.

Baca juga :  Daftar Penyakit yang Tidak Ditanggung dan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Proses pembayaran tunggakan iuran ini bisa dilakukan sebagaimana Anda ketika membayar iuran bulanan lainnya. Artinya, Anda tidak harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pelunasan tunggakan, Anda juga dapat melakukan pembayaran pada tempat-tempat yang memang biasa digunakan untuk melakukan pembayaran iuran, seperti fasilitas ATM, kantor pos, Alfamart, Indomaret, dan yang lainnya.

Pembayaran harus dilakukan sekaligus, artinya tunggakan ditambah dengan bunga 2% tanpa adanya sisa tagihan. Hal ini akan memudahkan sistem untuk bisa mengaktifkan kembali kartu BPJS Anda yang sudah terblokir. Pada dasarnya, pengaktifan kembali kartu BPJS akan berlangsung secara otomatis pada hari yang sama setelah Anda melakukan pelunasan tunggakan atau paling lambat 2×24 jam setelah adanya pelunasan tersebut.

Jika Anda sudah melakukan pelunasan dan kartu peserta BPJS Anda masih belumaktif meskipun pelunasan sudah dilakukan 2×24 jam, maka Anda tidak perlu khawatir. Anda cukup mendatangi kantor BPJS terdekat dan lakukan pembukaan blokir secara manual di sana. Jangan lupa Anda membawa serta kartu BPJS beserta seluruh kuitansi pelunasan tunggakan sehingga pihak BPJS dapat kembali mengaktifkan kartu Anda dengan segera.

Mengingat prosesnya bisa memakan waktu lebih dari 2×24 jam maka seharusnya Anda yang akan mengaktifkan kembali kartu BPJS yang telah diblokir jangan melakukan pelunasan tunggakan tersebut pada waktu-waktu mendesak. Hal ini sangat berisiko karena bisa saja pelunasan telah dilakukan, tetapi proses pemblokiran belum bisa dilakukan secara otomatis atau tertunda sementara peserta harus menggunakan kartu BPJS tersebut pada waktu yang bersamaan. Kalau kondisinya demikian, peserta tetap tidak bisa mengunakan kartu BPJS-nya.

Lakukan pelunasan dengan segera jika kartu peserta BPJS Anda  telah terblokir dan buka blokir pada kartu BPJS sehingga kartu bisa tetap digunakan dan peserta bisa menikmati fasilitas kesehatan yang diberikan BPJS Kesehatan.

Baca juga :  Cara Mengaktifkan BPJS yang Telat Bayar

Leave a Comment