Prosedur

Cara Komplain BPJS Kesehatan, Begini Tipsnya

Cara komplain BPJS kesehatan sebenarnya tidak sulit, karena memang pihak pengelola BPJS kesehatan bersama pemerintah menginginkan pelayanan terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia, sehingga diberikan akses pengaduan yang cukup mudah.

Pengaduan yang dilakukan bisa seputar pelayanan petugas BPJS setempat, masalah pelayanan petugas kesehatan serta banyak hal lain seputar keanggotaan BPJS kesehatan. Bagi anda yang belum memahami cara yang harus dilakukan bisa melihat informasi berikut

Cara Komplain BPJS kesehatan

Beberapa Cara Komplain BPJS kesehatan

Sebagai anggota BPJS kesehatan seringkali kita mengalami masalah atau kendala yang sulit diselesaikan, hal ini membuat kita kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan serta proses administrasi di rumah sakit.

Terkadang masalah tersebut disebabkan pelayanan yang kurang baik dan masih banyak lagi. untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa saja melakukan beberapa cara komplain BPJS kesehatan seperti berikut:

Menghubungi Call Center BPJS kesehatan

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengajukan pengaduan atau komplain ke petugas BPJS agar segera ditindak lanjuti untuk mendapatkan solusi adalah dengan menelpon call center BPJS kesehatan. Namun saat menelpon dan mengajukan keberatan sebaiknya gunakan bahasa yang baik dan sopan.

Website BPJS Kesehatan

Jangan mengutarakan pengaduan dengan bahasa yang tidak baik yang justru membuat pengaduan anda tidak mendapatkan respon yang baik. bagi anda yang ingin menghubungi call center BPJS bisa langsung saja menghubungi di nomor 1500 400. Setelah anda tersambung dengan petugas segeralah utarakan keluhan yang anda rasakan seputar keanggotaan BPJS dan pelayanan kesehatan.

Petugas BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan

Cara komplain BPJS kesehatan selanjutnya adalah dengan mendatangi petugas BPJS kesehatan yang bertugas di fasilitas kesehatan. Cara ini bisa anda tempuh jika terjadi masalah darurat dan membutuhkan penyelesaian secepat mungkin. Namun saat ini banyak rumah sakit yang tidak lagi menyediakan petugas BPJS karena sudah ditarik ke kantor atau menjadi anggota call center.

Baca juga :  Prosedur Operasi Cesar Pakai BPJS, Ibu Hamil Wajib Tahu

Bagi rumah sakit yang menyediakan petugas BPJS anda bisa langsung mendatangi petugas tersebut, setelah itu anda bisa mengatakan dengan jelas masalah yang tengah anda hadapi agar segera dicarikan jalan keluarnya. Dan pastikan bahasa yang anda gunakan baik dan sopan. 

Aplikasi BPJS

Saat ini untuk mengajukan komplain atau keberatan bisa dilakukan secara online. Cara ini dirasa cukup efektif dan ekonomis. Anda bisa membuka aplikasi resmi BPJS kesehatan yaitu aplikasi Mobile JKN.

Cara Komplain BPJS kesehatan

Melalui aplikasi resmi ini anda bisa mendapatkan banyak informasi seputar BPJS kesehatan, selain itu anda juga bisa mengajukan komplain saat mengalami masalah. Melalui aplikasi JKN pelayanan terhadap anggota dirasa akan lebih efektif dan merata, sebab kini orang lebih suka menggunakan cara online ketimbang cara manual yang dirasa lebih merepotkan.

Berbagai keperluan seputar BPJS kesehatan bisa anda akses melalui aplikasi mobile JKN. Pusat layanan resmi BPJS kesehatan ini juga akan melayani anda selama 24 jam. Selain melakukan pengaduan atau komplain anda juga bisa melakukan pembayaran, pengecekan, pendaftaran peserta dan lain sebagainya. 

Demikianlah informasi mengenai cara komplain BPJS kesehatan yang bisa anda lakukan jika sekiranya mengalami masalah seputar BPJS kesehatan. Namun saat mengajukan keberatan pastikan anda menggunakan bahasa yang baik dan sopan agar mendapatkan respon yang baik pula.

Semoga informasi ini memiliki manfaat yang baik, terutama bagi anggota BPJS kesehatan. Kurang dan lebih mohon maaf untuk anda. Sekian   

Leave a Comment