BPJS Mandiri

Cara Cek Tagihan di bpjs-kesehatan.go.id

BPJS Kesehatan sebagai jaminan kesehatan yang merupakan salah satu program pemerintah, harus dimiliki oleh seluruh warga Indonesia. Iuran BPJS Kesehatan berbeda sesuai kelasnya, yang dibagi menjadi 3 kelas, yaitu Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Iuran ini dibayarkan per bulannya.

Untuk melihat status pembayaran atau jika Anda ingin mengetahui tagihan BPJS Kesehatan Anda, Anda dapat memeriksanya di website BPJS Kesehatan, yakni . Bagaimana caranya? Berikut cara cek tagihan di bpjs-kesehatan.go.id.

Lihat Tagihan di bpjs-kesehatan.go.id

BPJS Kesehatan memiliki sebuah website yang sangat membantu untuk Anda ketika ingin mendapatkan informasi resmi dari pihak BPJS. Website ini memiliki fitur-fitur, seperti Autodebit, Pendaftaran Badan Usaha, Fasilitas kesehatan, Skrinning Kesehatan, Whistleblowing System, Informasi dan Pengaduan, serta fitur Cek Iuran BPJS Kesehatan tentunya.

Melalui website ini, dengan memilih fitur Fasilitas Kesehatan, Anda dapat melihat rincian grafik mengenai Peserta, Fasilitas Kesehatan, dan Pembayaran klaim.

Anda juga dapat menggunakan fitur-fitur lain yang disediakan oleh website bpjs-kesehatan.go.id untuk membantu Anda dalam BPJS Kesehatan Anda.

Lalu bagaimana cara cek tagihan di bpjs-kesehatan.go.id?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah, silakan Anda mengunjungi laman bpjs-kesehatan.go.id terlebih dahulu.

Setelah itu, biasanya fitur-fitur milik website tersebut akan muncul langsung ketika laman tersebut berhasil terbuka. Namun apabila Anda belum menemukannya, silakan Anda klik tombol panah yang barada di sisi layar. Jika sudah Anda klik, nanti kotak tersebut akan bergeser, dan menampilkan fitur-fitur website BPJS Kesehatan.

Setelah fitur-fitur tersebut muncul, silakan Anda pilih fitur Cek Iuran BPJS Kesehatan yang kemudian Anda akan berada di sebuah laman baru. DI laman ini, silakan Anda isi secara lengkap nomor kartu BPJS Kesehatan Anda, tanggal lahir, serta kode validasi yang harus Anda isi dengan benar sebelum Anda memeriksa tagihan Anda. Setelah Anda mengisi semua kolom dengan lengkap dan mengisi kolom validasi dengan benar, silakan Anda tekan atau klik tombol “Cek”.

Baca juga :  Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI
Cara Cek Tagihan di bpjs-kesehatan.go.id

Setelah Anda mengeklik tombol “Cek”, nantinya akan muncul informasi berupa identitas diri, seperti nama peserta, nomor, status, jenis keanggotaan, jumlah anggota keluarga. 

Kemudian apabila Anda geser ke bawah, Anda akan menemukan daftar anggota keluarga Anda yang turut menjadi peserta BPJS Kesehatan, beserta jumlah tagihannya setiap bulan. Informasi tagihan yang bisa Anda dapatkan, antara lain Tagihan, Denda, Total Tagihan, Tanggal Pembayaran Terakhir, dan Nominal Pembayaran yang harus Anda bayarkan.

Bagaimana? Lengkap, bukan? Fitur Cek Iuran BPJS Kesehatan ini sangat membantu Anda ketika Anda ingin cek tagihan di bpjs-kesehatan.go.id.

Tagihan Iuran BPJS Kesehatan sendiri akan berbeda nantinya menurut kelas yang diambil oleh setiap peserta BPJS Kesehatan. Ada 3 kelas yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan, yakni Kelas I, Kelas II, dan Kelas III.

Fasilitas yang didapatkan juga nantinya akan berbeda tergantung kelas mana yang Anda dapatkan. Pembeda fasilitas setiap kelas BPJS Kesehatan sendiri adalah pelayanan ruang inap yang didapatkan. Sedangkat treatment obat dan perawatan lain akan mendapat perlakukan sama, yakni sama-sama gratis.

Kelas I merupakan kelas dengan pelayanan yang paling baik di antara ketiga kelas BPJS Kesehatan. Dengan membayar sebesar Rp80.000,00 per bulan, Anda akan mendapatkan pelayanan ruang inap dengan jumlah pasien 2 sampai 4 orang per kamar. 

Sedangkan untuk Kelas II, dengan membayar sebesar Rp51.000,00 per bulannya, nantinya Anda akan mendapatkan pelayanan ruang inap dengan jumlah pasien 3 sampai 5 orang per kamar.

Dan untuk kelas III, iuran per bulannya hanya sebesar Rp25.500,00 per bulan. Dan akan mendapatkan pelayanan ruang inap dengan jumlah pasien sebanyak 4 sampai 6 orang per kamar.

Namun, apabila Anda ingin meningkatkan pelayanan ruang inap Anda ke ruang inap yang lebih privasi, Anda dapat meng-upsgrade BPJS Kesehatan Anda menjadi pelayanan artau fasilitas VIP.

Baca juga :  Kode Diagnosa Penyakit BPJS

Anda juga bisa membaca tutorial lebih lengkap perihal tagihan BPJS Kesehatan di artikel ini.

Leave a Comment