BPJS Kesehatan

Cara Cek Tagihan BPJS Lengkap dengan Aplikasi, Website Hingga CS

Sejak tahun 2014 lalu pemerintah Indonesia meresmikan pelayanan kesehatan yang diberi nama BPJS yang awalnya bernama Askes. BPJS bukan hanya bisa dinikmati oleh para karyawan swasta maupun karyawan negeri sipil saja, namun anggota mandiri yang terdiri dari masyarakat umum juga bisa menikmati asuransi kesehatan BPJS ini.

Namun setiap anggota yang mendaftar memiliki kewajiban membayar iuran setiap bulannya. Besaran iuran ditentukan dari kelas yang anda ambil ketika mendaftar sebagai anggota. Cara cek tagihan BPJS kini bukan hanya bisa dilakukan di kantor BPJS setempat saja.

Cara Bayar Tunggakan BPJS

Ada banyak cara yang dibuat oleh pemerintah dan BPJS untuk mengecek tagihan maupun membayar iuran BPJS kesehatan setiap bulannya. Cara cek tagihan BPJS juga sangat mudah dan diimbangi dengan kemajuan teknologi yang ada. Beberapa cara tersebut untuk memudahkan setiap anggota.

Sebab tidak semua anggota memiliki banyak waktu untuk datang langsung ke kantor BPJS kesehatan setempat. Cara cek tagihan BPJS bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya melalui SMS, aplikasi BPJS, Tokopedia, Bukalapak, ATM, Customer service, Shopee, serta masih banyak cara lainnya. 

Beberapa Cara Cek Tagihan BPJS

Bagi seluruh anggota BPJS aktif yang ingin mengecek besaran tagihan yang harus dibayar setiap bulannya bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara cek tagihan BPJS bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berikut diantaranya:

Cek Tagihan Via Aplikasi BPJS

Cara cek tagihan BPJS kesehatan yang pertama adalah via aplikasi BPJS. Untuk mengikuti perkembangan zaman dimana berbagai aplikasi favorit semakin bermunculan dan pastinya digemari banyak orang, maka pemerintah kini mengembangkan aplikasi mobile JKN.

Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan informasi seputar BPJS, salah satunya untuk mendapatkan informasi jumlah tagihan BPJS kesehatan yang harus dibayar serta bisa langsung digunakan untuk membayar tagihan BPJS. Berikut cara menggunakan aplikasi BPJS untuk mengetahui jumlah tagihan:

  • Buka aplikasi JKN, jika belum memiliki aplikasinya silahkan install di google play
  • Cara selanjutnya adalah dengan mendaftar dengan cara klik “pendaftaran”
  • Setelah terdaftar dan memiliki akun JKN, maka masuk ke halam utama dengan login 
  • Setelah masuk silahkan pilih opsi Tagihan
cara cek tagihan BPJS
  • Setelah terbuka silahkan klik Premi
cara cek tagihan BPJS
  • Maka layar akan menunjukkan informasi yang anda cari yaitu jumlah tagihan BPJS yang harus anda bayar

Cara cek tagihan BPJS kesehatan yang masih berkaitan cukup erat dengan aplikasi JKN adalah menggunakan website resmi BPJS di alamat www.bpjs-kesehatan.go.id. Menggunakan website ini anda juga bisa mendapatkan banyak informasi seputar BPJS, salah satunya bisa digunakan untuk melihat jumlah tagihan BPJS yang harus dibayar. Penasaran dengan caranya silahkan lihat di bawah ini:

  • Pertama siapkan perangkat seperti smartphone maupun computer
  • Kemudian buka google dan klik alamat www.bpjs-kesehatan.go.id
  • Setelah halaman pertama terbuka silahkan masukkan data diri yang diminta, mulai dari nomor kartu, tanggal lahir, serta angka validasi
  • Setelah seluruh data yang diminta diisi dengan benar maka klik Cek
  • Rincian pembayaran akan muncul pada layar

Cek Tagihan Via Tokopedia

Mulai tanggal 1 Januari 2020 lalu pemerintah resmi menaikkan besaran iuran BPJS kesehatan. Jumlah kenaikan untuk masing – masing kelas sebesar 100 %. Dari kebijakan pemerintah ini banyak sekali anggota BPJS kesehatan yang belum mengetahui dengan jelas berapa besaran iuran yang harus mereka bayar setiap bulannya.

Untuk mengetahui hal itu terkadang mereka tidak memiliki banyak waktu untuk datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Namun anda tidak perlu cemas sebab berbagai kemudahan kini telah diterapkan oleh pemerintah, salah satunya adalah bekerja sama dengan Tokopedia.

Melalui Tokopedia kini anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai jumlah tagihan BPJS dan setelah itu langsung melakukan pembayaran melalui salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia ini. Untuk meningkatkan kualitas serta meningkatkan jumlah pengunjung Tokopedia terus mencari terobosan baru dalam melakukan pelayanannya. Jika sebelumnya anda bisa membeli token listrik, paket roaming dan menawarkan promo dan cashback bagi pelanggan setianya, kini Tokopedia juga sudah merambah dunia BPJS Kesehatan.

Setiap pelanggan Tokopedia kini diberi kemudahan dengan layanan terbaru yaitu bisa cek tagihan serta membayar tagihan iuran BPJS kesehatan setiap bulannya. bukan sekedar toko online biasa yang menawarkan banyak produk yang dijual secara online sesuai kebutuhan konsumen namun Tokopedia semakin berkualitas dan menunjukkan kemampuannya dengan bekerjasama dengan BPJS. Berikut beberapa cara yang harus anda lakukan:

  • Buka aplikasi Tokopedia melalui ponsel pintar yang anda miliki
  • Setelah itu pilih halaman Tokopedia BPJS kesehatan
  • Jika anda sudah menemukan laman BPJS kesehatan silahkan masukkan nomor peserta BPJS kesehatan yang tertulis pada kartu BPJS kesehatan yang anda miliki
cara ce tagihan bpjs
  • Jika nomor yang anda masukkan benar maka situs akan membuat seluruh rincian jumlah tagihan BPJS kesehatan yang anda miliki beserta seluruh anggota keluarga yang anda tanggung (jika ada) secara otomatis.
Baca juga :  Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan

Cek Tagihan Via Bukalapak

 Cara cek tagihan BPJS kesehatan selanjutnya bisa dilakukan melalui salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia yaitu Bukalapak. Bukan hanya Tokopedia yang sudah menyediakan situs BPJS kesehatan untuk mendapatkan banyak informasi mengenai BPJS, namun aplikasi Bukalapak juga melakukan hal yang sama.

Bukan hanya sekedar onlineshop biasa yang menawarkan berbagai kebutuhan harian anda, namun kini juga telah bekerja sama dengan pemerintah untuk memudahkan seluruh anggota BPJS untuk mendapatkan informasi terkait jumlah atau besaran iuran yang perlu dibayar.

Memang untuk memastikan anda sebagai anggota aktif BPJS kesehatan dan bisa memiliki hak mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik dari rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS, maka anda harus menjalankan kewajiban anda sebagai anggota yaitu membayar iuran setiap bulan.

Namun kebanyakan orang tidak memiliki banyak waktu untuk datang langsung ke kantor BPJS kesehatan setempat. Menyadari hal itu pemerintah kini mulai bekerjasama dengan banyak pihak salah satunya adalah dengan situs Bukalapak. 

Cara untuk mengeceknya juga sangat mudah dan pastinya bisa dilakukan oleh semua orang, terutama bagi anda yang sudah biasa menggunakan situs internet. Penasaran dengan cara yang harus anda lakukan, perhatikan informasi berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs belanja online Bukalapak
  • Setelah terbuka silahkan pilih menu Bukalapak BPJS kesehatan
  • Setelah menemukan menu tersebut maka silahkan masukkan beberapa data yang diminta seperti nomor kartu anggota yang tertulis pada kartu serta nomor KTP
  • Setelah memasukkan nomor anggota dengan benar maka klik Cek
cara cek tagihan BPJS di Bukalapak
  • Maka secara otomatis layar akan menunjukkan rincian tagihan BPJS kesehatan yang harus anda bayar

Cek Tagihan Via ATM

Cara cek tagihan BPJS kesehatan selanjutnya bisa dilakukan via mesin ATM. Memang sudah banyak yang mengetahui bahwa mesin ATM bukan hanya bisa digunakan untuk menarik uang saja, namun berbagai kebutuhan dan masalah keuangan serta pembayaran bisa dilakukan dengan mudah.

Menuju mesin ATM untuk mengecek tagihan BPJS kesehatan, kemudian langsung melakukan transaksi pembayaran juga dirasa lebih mudah ketimbang mengantri panjang di kasir atau outlet pembayaran BPJS kesehatan.

Sebelum anda memilih cara mengecek tagihan BPJS kesehatan pastikan terlebih dahulu anda mengunjungi Bank yang telah memiliki kerjasama dengan BPJS karena tidak semua mesin ATM yang ada di Bank bekerjasama dengan BPJS kesehatan.

Berikut beberapa Bank yang bisa digunakan untuk mengecek tagihan BPJS diantaranya, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, serta Bank BTN. Untuk cara mengeceknya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lebih dari  menit. Namun jika anda tidak paham dengan caranya karena ini adalah pertama kalinya anda melakukan transaksi ini, anda bisa meminta bantuan kepada petugas Bank atau Satpam Bank tersebut. 

Berikut langkah – langkahnya :

  • Pertama masuk ke dalam ruangan ATM
  • Setelah itu masukkan kartu ATM yang anda miliki
  • Setelah masuk, ketik kata sandi atau password dengan benar
  • Pada layar menu utama silahkan pilih Transaksi lain
  • Setelah muncul beberapa menu pilihan pada layar pilih menu Pembayaran
  • Setelah itu pilih Menu lainnya
  • Langkah selanjutnya pilih opsi BPJS setelah itu akan muncul pilihan lainnya maka silahkan klik BPJS Kesehatan.
  • Kemudian masukkan nomor kartu keanggotaan BPJS kesehatan yang anda miliki
  • Setelah memastikan nomor kartu anggota yang anda isi dengan benar maka klik Benar
  • Kemudian pengecekan  jumlah tagihan BPJS kesehatan dimulai, maka tunggulah beberapa saat
  • Maka secara otomatis jumlah tagihan akan muncul pada layar monitor

Cek Tagihan Via SMS

BPJS bersama pemerintah Indonesia terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan secara nyata dan merata kepada seluruh warganya. Maka BPJS memberikan layanan mandiri atau bukan penerima upah yang bisa diikuti oleh seluruh warga termasuk ibu rumah tangga, balita dan lansia. Namun untuk mendapatkan seluruh hak mendapatkan pelayanan terbaik pastinya ada kewajiban yang terlebih dahulu harus ditunaikan yaitu membayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang anda pilih saat melakukan pendaftaran. 

Jika anda kurang memahami atau lupa dengan besaran iuran yang harus dibayar karena memang ada kebijakan pemerintah terbaru yang menaikkan jumlah iuran setiap bulannya untuk masing – masing kelas sebesar 100 %. Untuk memastikan informasi jumlah besaran yang harus anda bayar maka tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS kesehatan terdekat, karena pastinya membutuhkan banyak waktu dan uang transportasi. 

Jika sebelumnya cara – cara online dan cara praktis lainnya sudah kami terangkan dengan jelas, maka kini kami akan memberikan informasi lain via SMS. Tidak membutuhkan banyak waktu, anda tinggal ambil handphone merek apa saja dan tidak perlu HP android juga, yang penting anda memiliki pulsa setidaknya untuk mengirim 1 SMS saja. Untuk yang belum mengetahui format SMS yang harus dikirim silahkan lihat cara berikut:

  • Siapkan ponsel 
  • Lalu pastikan ponsel terisi pulsa
  • Kemudian klik format “TAGIHAN <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan lalu kirim ke nomor 087775500400 (contoh: TAGIHAN 093837363282 kirim ke 087775500400) untuk mengetahui format SMS Gateway mengecek tagihan BPJS kesehatan anda bisa meminta layanan bantuan dengan mengetik HELP lalu kirim ke 087775500400. 
cara cek tagihan bpjs lewat SMS
  • Lalu tunggu beberapa saat hingga ada balasan dari BPJS mengenai rincian tagihan BPJS kesehatan anda
Baca juga :  Apa Beda nya BPJS dan KIS?

Cek Tagihan Via Customer Service

 Cara cek tagihan BPJS kesehatan selanjutnya bisa dilakukan via customer service. Bukan hanya melayani segala keluhan dan masalah anda namun berbagai informasi juga bisa anda dapatkan dengan jelas melalui via telepon. Ada bisa bertanya apa saja seputar BPJS kesehatan, mulai dari status keanggotaan masih aktif atau sudah dinonaktifkan, informasi cara pembayaran, informasi jumlah keluarga yang ditanggung, hingga jumlah tagihan pembayaran anda bulan ini. Selain itu ada banyak lagi yang bisa anda dapatkan dari customer service ini.

Anda juga bisa melakukan pengaduan seputar pelayanan rumah sakit dan segala keluhan seputar BPJS bahkan menelpon customer service juga bisa dilakukan untuk bertanya seputar kesehatan anda dengan cara Tanya Dokter. Ingin mencoba menggunakan cara ini? Namun belum paham dan jelas cara apa yang harus dilakukan, maka silahkan simak penjelasan kami di bawah ini:

  • Langkah pertama untuk menelepon customer service adalah dengan mengetik nomor call center BPJS kesehatan di nomor 1500 400 lalu klik ok
  • Tunggu beberapa saat hingga nada dering berakhir dan anda akan langsung terhubung dengan pusat layanan call center. 
  • Silahkan bertanya kepada petugas berasa jumlah atau besaran tagihan BPJS kesehatan yang harus anda bayar bulan ini
  • Jika ingin menanyakan hal lain seputar BPJS kesehatan juga bisa
  • Kemudian petugas akan bertanya nomor kartu anggota BPJS kesehatan untuk melakukan pengecekan
  • Tunggulah beberapa saat hingga petugas selesai mencari data milik anda 
  • Lalu petugas akan memberikan rincian informasi yang anda butuhkan dengan jelas

Cek Tagihan Via Shopee

 Kini shopee bukan hanya digunakan sebagai toko online untuk mendapatkan beragam produk rumah tangga, kesehatan, fashion, make up, dan masih banyak produk lainnya yang di jual di shopee, namun kini sudah bisa juga digunakan untuk mengecek besaran iuran BPJS kesehatan yang anda miliki. Salah satu kemajuan yang terus dikembangkan oleh pengelola shopee adalah mulai bekerja sama dengan BPJS dan pemerintah untuk membantu mempermudah pelanggan untuk melakukan pengecekan dan pembayaran BPJS. 

Dengan begitu kemudahan yang ada bisa dinikmati oleh siapa saja, karena memang sudah bukan rahasia lagi jika pelanggan shopee sangat banyak dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap konsumen kini shopee memudahkan anda dalam mencari informasi mengenai BPJS kesehatan yang memang sudah diikuti hampir seluruh warga Indonesia.

Cara yang harus dilakukan juga sangat mudah. Namun anda harus menginstal akun Shopee menggunakan smartphone yan anda miliki. Selain mengecek jumlah tagihan anda juga bisa langsung melakukan transaksi pembayaran BPJS kesehatan melalui akun Shopee

Sebelum melakukan transaksi BPJS anda harus mendaftar menjadi mitra shopee terlebih dahulu dengan cara pilih menu Daftar lalu masukkan alamat email atau username serta masukkan password atau kata sandi kemudian klik ok. Maka akun tersebut nantinya yang ada digunakan untuk masuk ke akun Shopee. Berikut cara cek tagihan BPJS kesehatan melalui Shopee:

  • Pertama buka aplikasi Shopee lalu masuk atau login ke dalam akun tersebut menggunakan alamat email dan password yang sudah anda buat sebelumnya
  • Lalu klik menu, maka akan muncul berbagai menu pilihan pada layar mulai dari pulsa, tagihan dan tiket pada halaman utama 
  • Selanjutnya klik tagihan maka akan muncul beberapa menu tagihan dan silahkan pilih BPJS
  • Kemudian anda akan diminta memasukkan nomor virtual account BPJS kesehatan atau nomor kartu anggota yang tertera pada kartu BPJS kesehatan yang anda miliki dan biasanya berjumlah kurang dari 16 digit. 
  • Saat memasukkan nomor tersebut maka secara otomatis shopee akan memasukkan angka 0
  • Setelah itu akan muncul berapa jumlah tagihan BPJS yang harus anda bayar. Jika ingin melanjutkan ke proses pembayaran anda bisa melanjutkannya dengan klik Bayar Sekarang, namun jika hanya membutuhkan jumlah besaran yang harus dibayar setelah mendapatkan informasi mengenai jumlah  yang dibayar anda bisa langsung keluar.

Cek Tagihan Via Alternatif lainnya

Beberapa cara cek tagihan BPJS kesehatan di atas pastinya sangat praktis dan ekonomis. Namun jika dirasa cara – cara tersebut masih kurang maka kami akan memberikan informasi pengecekan dari tempat lain, berikut diantaranya:

  • Cek Tagihan Via Alfamart dan indomart

Cek tagihan BPJS kesehatan via lainnya juga masih ada jika sekiranya cara – cara diatas masih kurang optimal, salah satunya dengan cek via Alfamart atau Indomart. Memang sudah banyak orang yang mengetahuinya jika kedua minimarket tersebut menyediakan layanan berbagai macam kebutuhan, mulai dari isi pulsa, membayar tagihan Bank dan sebagainya, membayar tagihan Motor, leasing dan masih banyak lagi transaksi keuangan lainya. Bukan sekedar minimarket biasa yang menyediakan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun pengecekan BPJS kesehatan dan pembayarannya juga bisa dilakukan di tempat ini.

Baca juga :  Daftar Penyakit yang Tidak Ditanggung dan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Bukan cara online yang bisa dilakukan dimana saja, namun jika kebetulan anda mengunjungi minimarket ini atau rumah anda dekat dengan kedua tempat ini anda bisa langsung saja mengecek jumlah tagihan BPJS.

Caranya juga sangat mudah anda langsung saja mendatangi kasir kemudian katakana bahwa anda ingin mengecek jumlah tagihan BPJS kesehatan dengan menunjukkan kartu anggota, maka kasir akan mengecek data anda dan tunggulah beberapa saat, lalu petugas akan memberikan rincian jumlah tagihan BPJS kesehatan anda

  • cek Tagihan Via kantor Pos

tempat lain yang bisa anda kunjungi untuk mengecek jumlah tagihan BPJS kesehatan adalah kantor pos. kantor pos juga telah mempertimbangkan pengoptimalan pelayanan dengan melakukan kerjasama dengan pihak BPJS kesehatan untuk melayani seluruh transaksi BPJS.

Berbagai informasi penting seputar BPJS juga bisa anda dapatkan dengan langsung mendatangi kantor pos terdekat. Terlebih lagi kantor pos memang merupakan salah satu fasilitas public milik pemerintah dan tentunya akan bekerja sama dengan fasilitas public milik pemerintah lainnya, yaitu BPJS kesehatan. 

Silahkan langsung saja menuju ke petugas dan bertanya seputar jumlah tagihan BPJS dengan menunjukkan kartu anggota BPJS, maka petugas akan memasukkan nomor keanggotaan anda pada komputer maka secara otomatis jumlah tagihan BPJS anda akan segera terlihat pada layar. Tentu saja dengan mulai bekerjasamanya PT. Pos Indonesia dengan BPJS semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan public. selain itu pihak kantor pos juga menerima pembayaran BPJS kesehatan.

  • Cek Tagihan Via Kantor BPJS kesehatan

Bagi anda yang ingin datang langsung ke kantor BPJS terdekat di kota anda juga bisa, karena memang kantor BPJS memberikan berbagai layanan seputar BPJS. Jika anda memiliki waktu atau kesempatan untuk mendatangi kantor BPJS memang sebaiknya datang langsung karena informasi yang didapat pastinya akan lebih akurat. Anda bisa bertanya dan melakukan keluhan seputar keanggotaan BPJS kesehatan. Bertanya jumlah tagihan iuran juga bisa anda lakukan. 

Untuk melakukan pengecekan dan pembayaran tentunya anda bisa langsung datang ke kantor BPJS kesehatan terdekat. Sesampainya di kantor silahkan mengambil nomor antrian jika memang banyak nasabah lain, namun jika tidak silahkan langsung saja menuju peugas. Kemudian petugas akan bertanya nomor kartu anggota atau meminta anda menyerahkan kartu anggota kepada petugas untuk memudahkan pengecekan. Anda tinggal menunggu beberapa saat setelah itu anda akan diberitahu seputar informasi jumlah tagihan. 

Maka proses selanjutnya adalah melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan bulan ini. Setelah melakukan pembayaran maka anda akan tetap terhitung sebagai anggota aktif. Untuk tetap menjaga keanggotaan anda tetap aktif dan bisa digunakan kapan saja untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit dimana faskes yang sudah anda pilih, maka tetaplah membayar iuran setiap bulannya. 

  • Cek Tagihan Via Loket Pembayaran multi-tagihan

Cara cek tagihan BPJS kesehatan yang terakhir adalah dengan mengunjungi loket pembayaran multi-tagihan. Loket – loket ini kini sudah tersebar di berbagai wilayah di sekitar anda. Munculnya loket ini tentu saja mempermudah masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi keuangan, salah satunya untuk melakukan pengecekan dan pembayaran BPJS. Meski belum seluruh loket bekerjasama dengan BPJS kesehatan, namun mayoritas dari loket – loket tersebut sudah menyediakan layanan BPJS kesehatan.

Sebelum anda melakukan pengecekan pastikan terlebih dahulu bahwa loket tempat pembayaran multi-tagihan tersebut sudah melakukan kerjasama dengan BPJS kesehatan. Setelah bertanya maka anda bisa memulai melakukan pengecekan dan dilanjutkan dengan melakukan pembayaran iuran BPJS kesehatan. Maka kasir atau petugas akan meminta kartu anggota BPJS yang anda miliki untuk melakukan pengecekan pada komputer. 

Setelah memasukkan sekitar 16 digit nomor kartu keanggotaan maka dalam beberapa saat informasi mengenai jumlah tagihan akan keluar dan petugas akan memberitahukannya kepada anda. Setelah memastikan jumlah tagihan maka anda bisa langsung melakukan pembayaran. Jangan lupa untuk menunggu petugas memberikan slip atau bukti pembayaran sebagai bukti bahwa anda sudah menyelesaikan tugas anda. Slip pembayaran atau bukti pembayaran juga bisa digunakan untuk mencegah penipuan dari pihak – pihak tidak bertanggung jawab. 

Pemerintah menyadari bahwa tidak semua orang memiliki waktu dan kesempatan untuk datang langsung ke kantor BPJS setempat, maka beberapa upaya mempermudah anggota untuk mendapatkan informasi mengenai BPJS kesehatan secara keseluruhan terus dilakukan dan dikembangkan. Beberapa cara telah ditempuh oleh pemerintah. Salah satu cara cek tagihan BPJS kesehatan bisa dilakukan secara online yang pastinya lebih praktis dan ekonomis karena bisa dilakukan dimana saja.

Demikianlah beberapa cara cek tagihan BPJS kesehatan yang bisa anda lakukan. Beberapa cara tersebut pastinya merupakan pilihan yang tepat bagi anda, terutama kaum milenial yang menyukai cara praktis. Jangan lupa setelah mengecek jumlah tagihan untuk segera menunaikan tugas dan kewajiban anda untuk segera melunasi iuran BPJS setiap bulan, agar anda tetap menjadi anggota BPJS aktif dan bisa merasakan pelayanan kesehatan kapan saja. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Sekian 

Add Comment

Leave a Comment