BPJS Kesehatan

Cara Cek Status BPJS Kesehatan

kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara cek status BPJS kesehatan. Dimana program kesehatan ini dibuat pemerintah guna menjamin kesehatan masyarakat secara meluas dan merata.

Jaminan kesehatan kini bukan hanya bisa dinikmati para karyawan di sebuah perusahaan namun juga kalangan biasa seperti ibu rumah tangga hingga bayi sekalipun berhak menikmati layanan kesehatan tersebut. untuk mengenatu status anda dalam keanggotaan BPJS bisa melakukan cara di bawah ini

Cara Cek Status BPJS Kesehatan Secara Online

Bagi para anggota yang baru saja mendaftar BPJS Kesehatan dan belum mengetahui statusnya dengan jelas bisa langsung mengeceknya secara online. Namun sebelum mengecek status anda pastikan terlebih dahulu membayar iuran setiap bulannya agar tidak berpengaruh pada status keanggotaan anda. Bagi yang belum memahami cara cek status BPJS kesehatan bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka Aplikasi Mobile BPJS Kesehatan

Cara cek status BPJS Kesehatan yang pertama adalah dengan membuat aplikasi atau situs resminya. Pertama download aplikasi JKN-KIS BPJS kesehatan lali login dengan memasukkan nomor kartu atau email serta password bagi yang sudah pernah mendaftar, bagi yang belum pernah bisa klik bagian Register lalu isi identitas diri secara lengkap dan benar, kemudian tunggu email verifikasi. Seteah berhasil masuk ke dalam menu utama akan ada beberapa fitur JKN-KIS. 

Untuk melihat status keanggotaan anda silahkan pilih menu “peserta”. Setelah menu terbuka maka anda bisa melihat informasi tentang keanggotaan BPJS kesehatan diri dan anggota keluarga anda. Pada bagian ini anda juga bisa melihat besaran iuran setiap bulannya. 

  • BPJS Checking

Kini anda juga bisa mengunjungi situs resmi BPJS untuk mengetahui status keanggotaan anda. Silahkan buka alam URL berikut, https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ kemudian isi seluruh data yang dibutuhkan lalu klik Cek.

Baca juga :  Bagaimana Prosedur Pembayaran Keterlambatan Iuran BPJS
Cara Cek Status BPJS Kesehatan

Maka situs akan terbuka dan memperlihatkan seluruh informasi mengenai keanggotaan anda, yang berisi mengenai identitas, status keanggotaan, jenis keanggotaan, serta jumlah anggota keluarga. Setelah itu geser layar kebawah untuk melihat jumlah tagihan yang harus dibayar setiap bulan

  • Call Center BPJS

Cara cek status BPJS kesehatan selanjutnya adalah dengan menghubungi call center BPJS yang akan menghubungkan anda ke pusat customer service yang siap melayani seluruh masalah anda mengenai BPJS selama 24 jam. Anda bisa menghubungi di nomor 1500 400.

Jika sudah terhubung ke pusat maka silahkan bertanya mengenai status keanggotaan BPJS Kesehatan diri anda. Nantinya akan ditanyakan beberapa data pribadi anda untuk memudahkan petugas mencari data diri anda dalam system mereka.

  • SMS Gateway

Cara terakhir untuk mengecek status keanggotaan anda adalah dengan SMS Gateway. Anda bisa langsung mengirim  SMS ke BPJS Kesehatan di nomor 08777-5500-400. Untuk mengirim SMS silahkan kirim format seperti berikut:

  • NOKA <spasi> nomor kartu BPJS Kesehatan
  • NIK <spasi> nomor kependudukan
  • NIP <spasi> nomor induk pegawai

Silahkan pilih dari ketiga format di atas untuk mengetahui status keanggotaan diri anda, lalu tunggu balasan dari BPJS

Itu tadi informasi mengenai cara cek status BPJS kesehatan yang pastinya sangat mudah. Cara ini tentu akan jauh lebih praktis ketimbang datang langsung ke kantor BPJS. Pastinya akan jauh lebih praktis dan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda terutama para anggota BPJS kesehatan. Terima kasih. 

Leave a Comment