BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia, secara meluas dan merata. Program BPJS Kesehatan ini dapat diikuti oleh karyawan di sebuah badan usaha, hingga ibu rumah tangga dan bayi, berhak mendapatkan jaminan kesehatan ini.

Ketika Anda telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, Anda akan memiliki nomor kartu kepesertaan. Setelah menerima nomor kartu tersebut, Anda dapat memeriksa keanggotaan BPJS Kesehatan Anda untuk mengetahui status serta jenis fasilitas atau pelayanan kesehatan yang bisa Anda dapatkan. 

Untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan, Anda bisa memeriksanya secara online, termasuk bagi Anda para peserta Pekerja Penerima Upah (PPA). Lantas, bagaimana cara cek BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah?

BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah

Sebelum cek BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah, mari kita bahas dulu tentang Pekerja Penerima Upah.

Jenis kepesertaan BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah merupakan salah satu jenis kepesertaan dari jenis Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non PBI). Pekerja Penerima Upah (PPA) adalah setiap orang yang bekerja pada pemberi kerja dengan menerima gaji atau upah.

Pekerja Penerima Upah ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu PPU yang bekerja sebagai pejabat negara dan non-negara, yaitu termasuk pegawai di BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta.

Jika Anda terdaftar sebagai peserta Pekerja Penerima Upah (PPU), anggora keluarga yang ikut terdaftar adalah pasangan suami-istri yang sah, serta maksimal tiga orang anak, dengan kriteria tertentu yang menyertai.

Cara Cek BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah

Anda dapat dengan mudah ketika ingin cek BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah secara online, dengan beberapa cara di bawah ini :

Baca juga :  Nama dan Jenis Program BPJS Ketenagakerjaan

Cek melalui BPJS Checking

Cara yang pertama ini dapat Anda lakukan dengan mudah.

  • Langkah pertama, Anda bisa mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan pada BPJS Checking agar dapat mengetahui status keanggotaan jaminan kesehatan ini.
  • Setelah Anda mengunjungi laman BPJS Checking, silakan Anda isi kolom yang ada, mulai dari nomor kartu BPJS Kesehatan yang Anda miliki, kemudian tanggal lahir, dan angka validasi yang ada pada layar.
  • Setelah Anda mengisi kolom tersebut dengan lengkap, silakan Anda klik tombol “Cek”.
  • Kemudian, laman situs BPJS Kesehatan akan menampilkan keseluruhan informasi mengenai keanggotaan Anda. Informasi tersebut terdiri dari identitas Anda, status keanggotaan, hingga jumlah anggota keluarga yang ditanggung oleh Anda.
  • Anda bisa melihat daftar tagihan setiap bulannya beserta tanggal pembayaran ketika Anda menggeser layar Anda ke bawah.

Cek melalui aplikasi mobile BPJS Kesehatan

Selain melalui situs BPJS Checking, Anda dapat memeriksa keanggotaan BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah Anda melalui aplikasi mobile yang bernama JKN-KIS BPJS Kesehatan. Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini, ada baiknya Anda telah mengunduh dan meng-install aplikasi tersebut terlebih dahulu di handphone Anda.

  • Setelah mengunduh dan meng-install aplikasi JKN-KIS BPJS Kesehatan, silakan Anda buka aplikasi tersebut. Setelah aplikasi terbuka, akan ada form login yang muncul, meminta nomor kartu BPJS Kesehatan atau email dan password Anda. Jika Anda pernah mendaftar di aplikasi ini, silakan Anda isi form tadi dan klik tombol “Login”.
  • Namun jika Anda belum pernah mendaftar pada aplikasi ini, langsung saja Anda klik “Register”. Selanjutnya akan muncul form identitas diri yang perlu Anda isi dengan lengkap, seperti nomor kartu BPJS, nomor KTP Anda, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor HP Anda, dan tak lupa password.
  • Anda dimohon untuk mengisi alamat email dan nomor HP sesuai dengna data yang sama ketika Anda mendaftar BPJS Kesehatan.
  • Jika telah mengisi seluruh form, silakan klik “Register”. Kemudian silakan Anda mengisi form verifikasi.
  • Silakan Anda ikuti arahan untuk memverifikasi akun Anda. Setelah terverifikasi, aplikasi akan masuk ke menu utama yang menampilkan fitur-fitur dari aplikasi JKN-KIS BPJS Kesehatan ini.
  • Nah, untuk mengetahui keanggotaan BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah, Anda bisa pilih menu “Peserta”.
  • Dan di situlah, Anda akan menemukan informasi mengenai keanggotaan BPJS Kesehatan diri Anda sendiri dan anggota keluarga. Dalam fitur ini juga tersedia informasi mengenai tagihan iuran BPJS Anda setiap bulannya.
Cek melalui aplikasi mobile BPJS Kesehatan

Begitulah cara cek BPJS Kesehatan Pekerja Penerima Upah yang dapat Anda lakukan secara online dengan cara mengunjungi situs BPJS Checking dan melalui aplikasi mobile JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Baca juga :  Solusi Mengatasi Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Leave a Comment