BPJS Kesehatan

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Ada banyak anggota BPJS kesehatan yang belum mengetahui cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak. Hal ini tentunya akan mempengaruhi penggunaan kartu BPJS. Akan menjadi masalah jika saat akan menggunakan BPJS kesehatan untuk mendapatkan pelayanan sedangkan kartu keanggotaan anda belum aktif.

Maka dari itu sebaiknya setelah mendaftar sebagai anggota dan melakukan pembayaran pertama segera cek status keanggotaan anda, agar tidak merepotkan dikemudian hari dengan beberapa langkah mudah.

Cara Bayar Tunggakan BPJS

Beberapa Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Tanpa Ribet

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak, padahal caranya tidak terlalu sulit. Untuk mengetahuinya dengan jelas ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, berikut diantaranya:

Menghubungi Call Center BPJS

Langkah mudah tanpa ribet pertama yang bisa anda lakukan untuk cek status keanggotaan adalah dengan menghubungi langsung call center BPJS kesehatan di nomor 1500 400.

Langsung saja menghubungi nomor itu lalu tanyakan secara langsung status keanggotaan anda. Nantinya pihak call center akan meminta nomor kartu anggota BPJS untuk melakukan pengecekan.

Maka dalam beberapa saat anda akan mengetahui status keanggotaan yang anda miliki. Selain itu banyak lagi layanan lain yang bisa anda dapatkan dengan menghubungi call center BPJS

Cek Via SMS

Cara cek status keanggotaan BPJS lainnya yang lebih mudah adalah dengan mengirimkan SMS. Cara ini sangat praktis karena anda bisa melakukannya dimana saja, hanya dengan satu handphone.

Memang pemerintah terus melakukan inovasi pelayanan agar mempermudah jangkauan. Silahkan pilih salah satu dari tiga format SMS di bawah ini, lalu kirim langsung ke nomor layanan BPJS 08777-5500-400.

Baca juga :  Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan
  • NIP <spasi> Nomor Induk Pegawai
  • NIK <spasi> Nomor Induk Kependudukan
  • NOKA <spasi> Nomor Kependudukan
  • Cek Via Online

Cara mudah lainnya yang bisa dilakukan para anggota BPJS kesehatan yang belum mengetahui secara pasti status keanggotaannya, yaitu menggunakan cara online.

Anda pasti setuju jika cara online adalah cara paling efektif dan disukai masyarakat, karena memang dunia internet ini semakin berkembang dan digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Cara online tentu saja dirasa sangat efektif karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, selama memiliki jaringan internet yang kuat.

Pihak BPJS kesehatan menyediakan layanan online untuk seluruh masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar BPJS kesehatan, salah satunya bisa menjadi cara cek BPJS aktif atau tidak.

Anda bisa membuka website resmi BPJS di lamat, www.bpjs-kesehatan.go.id dengan alamat URL https://www.bpjs-kesehatan.go.id. Silahkan membuka website resmi BPJS melalui smartphone atau komputer yang anda miliki. Setelah berhasil login akan banyak petunjuk di dalamnya.

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Cara online lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi resmi BPJS mobile JKN. Untuk login ke aplikasi tersebut silahkan instal akun tersebut menggunakan smartphone di google play store. Kemudian silahkan mengikuti petunjuk selanjutnya.

Itu tadi informasi untuk para anggota BPJS yang belum mengetahui cara cek BPJS aktif atau tidak, agar saat membutuhkan pelayanan kesehatan tidak menghadapi hambatan.

Pengecekan bisa dilakukan dengan mudah tanpa ribet dan sangat cepat. Memang berbagai kemudahan terus dilakukan oleh pihak BPJS Kesehatan bersama Pemerintah agar pelayanan semakin optimal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua, terutama anggota BPJS. 

Leave a Comment