BPJS Kesehatan

Cara Bayar Tunggakan BPJS Kesehatan

Dalam praktek nyata di masyarakat, banyak sekali anggota BPJS Kesehatan yang menunggak iuran. Tunggakan iuran ini dilakukan dengan berbagai alasan, padahal penunggakan iuran oleh anggota ini mampu memberikan dampak yang sangat buruk.

Dampak terbesarnya adalah keuangan BPJS mengalami defisit. Maka kini pemerintah sedang menyiapkan aturan mengenai peserta BPJS kesehatan yang memiliki tunggakan. Namun sayangnya hingga kini masih banyak anggota yang belum memahami cara bayar tunggakan BPJS. 

Cara Bayar Tunggakan BPJS untuk Mengembalikan Keanggotaan

Untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai cara bayar tunggakan BPJS, maka kami akan memberikan pengetahuan bagi anda secara rinci. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membayar tunggakan BPJS Kesehatan agar bisa digunakan kembali, seperti berikut:

  • Cek Tunggakan

Bagi setiap anggota BPJS mandiri akan mendapatkan info mengenai jumlah iuran per bulan atau tagihan melalui aplikasi Mobile JKN. Cara ini dilakukan pastinya untuk memberikan kemudahan bagi setiap anggota, karena tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS, dengan begitu aplikasi ini bisa digunakan kapan saja dan dimana saja serta tanpa batasan waktu.

Cara ini memang dilakukan demi memudahkan segala urusan anggota, baik dalam melakukan perubahan data, mengetahui informasi tagihan dan iuran serta mengetahui informasi data peserta dan keluarga.

Kemudian cara mengecek tunggakan iuran juga bisa dilakukan dengan mudah. Cara pertama bisa melalui mesin ATM serta beberapa kanal yang bekerja sama dengan BPJS.

Setelah mengetahui jumlah tunggakan dengan jelas maka cara bayar tunggakan BPJS bisa langsung dilakukan. Maka secara otomatis keanggotaan anda langsung aktif.

Selain itu untuk mengaktifkan JKN-KIS yang sudah dinonaktifkan akan aktif kembali jika telah membayar iuran bulan tertunggak, paling banyak untuk 12 bulan. Namun jika tunggakan belum begitu banyak dan bisa dikatakan sebagai tunggakan awal dengan rentan waktu tunggakan di bawah 4 bulan maka bisa dengan telepon atau telekolekting.

Baca juga :  Kode Faskes BPJS Kesehatan di Jakarta Barat

Namun jika tunggakan dalam rentan waktu yang cukup lama tidak juga dibayar maka peringatan keras akan dilakukan dengan mendatangkan petugas kader JKN yang akan mengingatkan peserta dengan mendatangi rumah anda.

  • Denda

Untuk penghitungan denda pelayanan sesungguhnya dilakukan di kantor cabang BPJS kesehatan sesuai dengan alamat rumah sakit tempat anggota dirawat.

Namun pembayaran denda ini tidak berlaku bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI), peserta yang tidak mampu, serta peserta yang didaftarkan oleh pemerintah daerah. Adanya denda layanan hanya untuk pasien yang dirawat inap di rumah sakit selama 45 hari atau lebih. 

Untuk pasien yang dirawat kurang dari 45 hari maka tidak dikenakan denda pelayanan dan hanya perlu membayar biaya tunggakan iuran per bulan saja. Ketentuan denda ini dibuat sebenarnya bukan untuk memberatkan anggota BPJS kesehatan, namun diharapkan agar mereka lebih disiplin dalam membayar iuran setiap bulannya sebagai tanggung jawab yang mereka miliki.

Bahwa pada dasarnya hak diperoleh setelah menjalankan kewajiban kita dengan baik, maka nantinya kita juga akan merasakan manfaat jaminan kesehatan dengan baik.

Demikianlah artikel mengenai cara bayar tunggakan BPJS kesehatan yang sangat mudah dan praktis. Memang pada dasarnya pemerintah tidak ingin memberatkan masyarakat dengan berbagai cara yang ribet.

Untuk menghindari adanya tunggakan dan denda sebaiknya bayarlah iuran BPJS kesehatan anda secara rutin sebagai bentuk tanggung jawab kita. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih

Leave a Comment