BPJS Kesehatan

Cara Mudah Membayar Tagihan BPJS Kesehatan

Demi terciptanya pelayanan kesehatan yang merata maka pemerintah menyelenggarakan jaminan kesehatan yang diberi nama BPJS. Dengan program ini pemerintah ingin memastikan seluruh warga Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik.

Untuk mendaftar BPJS Kesehatan juga sangat mudah, baca tutorial lengkapnya di sini. Setelah mendaftar anda hanya perlu melakukan pembayaran pertama, maka secara otomatis anda menjadi anggota aktif BPJS. Bagi yang belum memahami cara bayar tagihan BPJS silahkan simak penjelasan di bawah ini

Beberapa Cara Bayar Tagihan BPJS kesehatan

Bagi yang ingin melakukan pembayaran iuran BPJS setiap bulannya bisa dilakukan dengan mudah. Bagi yang belum memahami dengan baik cara bayar tagihan BPJS kesehatan silahkan lihat penjelasannya di bawah ini:

  •  Ke kantor BPJS Kesehatan

Cara bayar tagihan BPJS yang pertama adalah dengan mendatangi kantor cabang terdekat dengan wilayah anda secara langsung. Jangan lupa untuk membawa kartu BPJS atau memberitahu nomor anggota. Sesampainya di kantor silahkan langsung saja menuju loket pembayaran atau mengikuti antrian yang ada.

  • Melalui Bank

Kantor BPJS kini memudahkan anggota dengan menyediakan layanan pembayaran iuran melalui bank. Ada beberapa bank yang bekerjasama dengan BPJS. Silahkan menuju beberapa bank berikut untuk melakukan pembayaran iuran BPJS, diantaranya: BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, serta BTN.

Selain mendatangi langsung bank – bank tersebut anda juga bisa melakukan pembayaran melalui SMS banking atau internet Banking. Selain itu tersedia pula layanan autodebet yang langsung memotong iuran secara otomatis setiap bulannya. 

  • Via Minimarket

BPJS juga bekerja sama dengan beberapa minimarket. Dengan begitu peserta BPJS bisa mengunjungi minimarket tersebut untuk membayar iuran setiap bulannya.  Seperti Alfamart dan Indomart. Silahkan menuju kasir lalu tunjukkan kartu keanggotaan untuk membayar

  • Melalui E-commerce
Baca juga :  Cara Cek Status BPJS Kesehatan

Kini bayar BPJS juga bisa melalui beberapa situs jual beli online atau situs e-commerce. Beberapa diantaranya teah bergabung seperti Bukalapak, Tokopedia, Gopay, dll.

Silahkan buka situs e-commerce yang anda pilih lalu ikuti saja langkah – langkah untuk membayar iuran BPJS. Caranya tidak terlalu sulit karena sudah terdapat banyak petunjuk di dalam situs tersebut. jangan lupa untuk mengisi nomor anggota dengan benar agar tidak terjadi kekeliruan. 

  • Melalui Mesin ATM

Kini mesin ATM di beberapa bank juga bisa menjadi pilihan untuk membayar iuran BPJS kesehatan. Cara ini juga terhitung cukup praktis, ketimbang anda harus santre panjang di kantor atau di loket pembayaran.

Beberapa mesin ATM yang bisa digunakan, diantaranya Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, serta BTN. Kini segala transaksi keuangan bisa diatasi dengan mudah, salah satunya untuk bayar iuran BPJS kesehatan

  • Melalui Mobile JKN

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk membayar iuran BPJS kesehatan adalah dengan memanfaatkan mobile JKN. Namun sebelum melakukan transaksi pembayaran pastikan terlebih dahulu anda mendownload aplikasi JKN melalui playstore yang ada pada smartphone yang anda miliki.

Selain melakukan pembayaran secara langsung melalui mobile JKN, anda juga bisa memilih layanan autodebet, dimana secara otomatis iuran akan diambil dari rekening bank ada setiap bulan. 

Demikianlah artikel mengenai cara bayar tagihan BPJS kesehatan. Cara – cara yang bisa dilakukan cukup praktis, karena pemerintah juga tidak mau ketinggalan dengan mengikuti terus perkembangan dunia digital dan dunia internet yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Terima kasih.

Leave a Comment