BPJS Kesehatan

Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri

Tidak bisa dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu, pekerjaan manusia makin dimudahkan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sebagai masyarakat yang hidup di era milenial, Anda dituntut untuk memahami teknologi yang sedang berkembang karena itu memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas.

Salah satu kemudahan teknologi yang sedang kita nikmati adalah pemakaian ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau dalam Bahasa Inggris disebut Automated Teller Machine). Dengan adanya ATM, Anda dapat melakukan berbagai hal, mulai dari penarikan uang tunai, penyetoran uang tunai untuk ATM jenis tertentu, melakukan transfer, mengecek saldo rekening, dan sebagainya.

Fasilitas lainnya dari ATM yang sangat dirasakan kemudahannya adalah fasilitas pembayaran berbagai tagihan. Anda bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, tagihan air, belanja online, tagihan sekolah, bahkan tagihan iuran BPJS.

Banyak orang yang belum tahu bahwa iuran BPJS juga bisa dibayar melalui ATM tanpa harus menyetor langsung ke kantor cabang. Nah, apabila Anda merupakan nasabah Bank Mandiri dan ingin membayar iuran BPJS melalui ATM, ada baiknya Anda mengetahui cara bayar BPJS lewat ATM Mandiri.

Langkah-langkah membayar BPJS lewat ATM Mandiri

  • Pastikan kartu ATM Mandiri Anda telah disiapkan
  • Masukkan kartu ATM tersebut ke mesin ATM dan masukkan pin Anda
  • Kemudian, temukan dan pilih menu “BAYAR/BELI”
cara bayar bpjs lewat atm Mandiri
  • Tidak perlu khawatir jika menu pilihan BPJS tidak muncul, pilih menu “LAINNYA”
  • Anda akan menemukan menu “BPJS”, pilihlah menu tersebut
  • Selanjutnya Anda akan diminta memilih untuk membayar “BPJS Kesehatan” atau “BPJS Ketenagakerjaan”, pastikan pilihan Anda benar
  • Bagi peserta mandiri, pilih menu “INDIVIDU” dan bagi Anda yang ingin membayarkan iuran karyawan Anda, pilih menu “BADAN USAHA”
  • Lalu, ketikkan kode BPJS yakni 89888 diikuti nomor yang tertera pada kartu BPJS yang ingin Anda bayarkan dan tekan “BENAR”
  • Pastikan informasi akun yang tertera di layar ATM adalah akun BPJS yang akan Anda bayar
  • Setelah itu, Anda diminta memasukkan jumlah bulan tagihan yang akan Anda bayar, kemudian tekan “BENAR”
  • Anda telah selesai membayar BPJS, pastikan Anda tidak meninggalkan kartu ATM di dalam mesin
Baca juga :  Bagaimana Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan?

Yang Harus Diperhatikan Saat Membayar BPJS via ATM Mandiri

Selain mengetahui cara bayar BPJS lewat ATM Mandiri, Anda juga harus mengetahui beberapa hal terkait dengan pembayaran iuran BPJS. Pertama, Anda harus memperhatikan waktu pembayaran iuran BPJS, baik itu BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Anda harus membayar iuran BPJS secara teratur dan tepat waktu. Waktu pembayaran iuran BPJS paling lambat adalah tanggal 10 tiap bulannya, pastikan Anda tidak terlewat dari tanggal tersebut. Apabila Anda membayar iuran BPJS lewat dari tanggal 10 pada bulan tersebut, Anda akan dikenakan denda sebesar 2% dari total iuran yang harus Anda bayar.

Selain memperhatikan waktu pembayaran iuran BPJS, Anda juga harus memperhatikan nominal iuran yang akan dibayarkan. Dikarenakan pembayaran iuran akan Anda lakukan melalui ATM, Anda tidak perlu membawa uang tunai, namun pastikan bahwa saldo Anda mencukupi untuk melakukan pembayaran.

Apabila saldo Anda kosong, tentu Anda akan sia-sia mendatangi ATM untuk membayar iuran BPJS. Selain itu, perhatikan ATM yang akan Anda tuju. Ada baiknya apabila Anda melakukan pembayaran iuran BPJS di mesin ATM yang sama dengan yang Anda gunakan, karena tidak semua bank bekerja sama dengan BPJS. Bank yang bekerja sama dengan BPJS adalah Bank Mandiri, BNI, dan BRI.

Leave a Comment