BPJS Kesehatan

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Cara bayar BPJS lewat ATM BRI menjadi salah satu yang banyak dipilih oleh pengguna atau peserta BPJS untuk membayar iuran setiap bulan. Setiap peserta atau pengguna BPJS wajib membayar iuran per bulan sesuai dengan kelas yang diikuti.

Adapun iuran wajib yang harus dibayarkan untuk kelas 1 adalah 160.000, untuk kelas 2 sebesar 110.000 sedangkan untuk kelas 3 sebesar 42.000. Nilai iuran yang dibayarkan tersebut mengacu pada ketetapan dinaikkannya iuran BPJS yang berlaku sejak 1 Januari 2020.

Mudah dan cepat bayar BPJS lewat ATM BRI

Cara bayar BPJS lewat ATM BRI merupakan salah satu bentuk untuk memanfaatkan teknologi. Dengan melakukan transaksi lewat mesin atm tentu dapat membantu mempercepat pelayanan pembayaran iuran. Sehingga para peserta tidak perlu lagi harus mengantri di bank ataupun kantor BPJS.

Selain itu banyaknya mesin atm yang tersedia mulai dari di bank, mall sampai minimarket tentu semakin memudahkan Anda dalam melakukan transaksi yaitu membayar iuran BPJS sesuai dengan kelas Anda.

Membayar iuran merupakan tindakan wajib yang harus ditepati oleh setiap pengguna BPJS. Apabila Anda terlambat melakukan pembayaran iuran maka akan ada sanksi yang diberikan yaitu berupa penonaktifan kartu sampai denda berupa uang. Sebagai contoh:

Misalkan Nanda terlambat membayar iuran BPJS selama 3 bulan maka selama 3 bulan Nanda tidak dapat menggunakan kartu BPJS tersebut untuk berobat. Namun ketika Nanda membayarkan tunggakan iuran tersebut maka Nanda dapat menggunakan kembali kartu BPJS untuk berobat. 

Namun khusus bagi yang membayarkan tunggakan dan dalam waktu kurang dari 45 hari harus melakukan rawat inap maka wajib membayar denda sebesar 2.5% x biaya rumah sakit selama rawat inap x jumlah bulan menunggak. Sebagai contoh:

Baca juga :  Layanan BPJS Kesehatan Untuk Ibu Hamil, Simak Ulasannya

Ningsih menunggak selama 2 bulan dan sudah membayar tunggakan 2 bulan tersebut. Namun setelah 7 hari melunasi tunggakan Ningsih harus masuk rumah sakit dan melakukan rawat inap dengan biaya 5 juta. Maka Ningsih wajib membayar denda sebesar 2.5% x 5.000.000 x 2 = 250.000 rupiah. 

Dengan pembayaran yang dapat dilakukan lewat mesin atm BRI tentu tidak ada alasan lagi bagi peserta BPJS terlambat membayar iuran. Jika Anda ingin membayar iuran BPJS maka harus dipastikan bahwa saldo Anda mencukupi. Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah membayar iuran BPJS melalui atm BRI:

  • Datanglah ke mesin ATM BRI terdekat
  • Masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM
  • Pilih Bahasa yang Anda pahami yaitu Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  • Ketik nomor pin ATM anda
  • Pilih transaksi tunai
  • Lihat layar mesin dan pilih transaksi lain
  • Kemudian pilih pembayaran. Setelah itu pada layar akan tampil beberapa menu.
  • Kemudian pilihlah menu BPJS
 Mudah dan Cepat Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI
  • Dan dilanjutkan dengan memilih menu BPJS kesehatan
  • Langkah selanjutnya langsung saja masukkan nomor virtual account atau nomor kartu BPJS Anda. Namun sebelum itu tambahkan kode 88888 didepan nomor virtual Anda.
 Mudah dan Cepat Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI
  • Maka pada layar akan muncul data Anda dan pastikan data sudah benar. Jika data sudah benar langsung saja masukkan jumlah nominal yang sesuai dengan kelas BPJS Anda.
  • Transaksi selesai jangan lupa mengambil bukti transaksi yang keluar pada mesin.

Mesin ATM BRI tentu sangat membantu dan membuat transaksi lebih cepat sehingga Anda tidak perlu mengantri. Era sekarang malas mengantri bukan menjadi alasan untuk membayar iuran. Demikian itu adalah cara bayar BPJS lewat ATM BRI yang sangat mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment