BPJS Kesehatan

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA dan BCA Mobile

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BPJS Kesehatan. Produk layanan dari pemerintah ini kini semakin ramai dan banyak digunakan berbagai kalangan. Hal ini tentunya merupakan kabar baik, karena artinya masyarakat semakin sadar pentingnya jaminan kesehatan untuk diri mereka.

BPJS Kesehatan sendiri merupakan layanan pemerintah di bidang kesehatan yang dapat dinikmati semua masyarakat dari berbagai kalangan. Pilihan fasilitas kesehatan yang ditawarkan BPJS Kesehatan juga beragam. Terdapat 3 kelas yang membedakan penerimaan fasilitas kelas kesehatan di BPJS Kesehatan, yaitu Kelas III, Kelas II, dan Kelas I.

Sebagai pelanggan BPJS Kesehatan, pernahkah Anda mengalami kejadian kurang mengenakkan? Misalnya saja, Anda lupa membayar iuran BPJS Kesehatan dan tidak ada kantor BPJS terdekat di kota Anda.

Anda tidak perlu khawatir. Iuran BPJS Kesehatan bisa dibayar melalui berbagai media, salah satunya melalui ATM. Nah, apabila Anda merupakan nasabah Bank BCA dan ingin mengetahui cara bayar BPJS lewat ATM BCA, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti.

Bayar BPJS di ATM BCA

  • Pertama, setibanya Anda di mesin ATM BCA, pastikan kartu ATM Anda telah siap digunakan. Setelah itu, masukkan kartu ATM ke mesin ATM dan tekan pin Anda.
  • Karena pembayaran iuran BPJS Kesehatan menggunakan virtual account, maka pilih menu “TRANSAKSI LAINNYA” pada layar mesin ATM. Kemudian, lanjutkan dengan memilih menu “PEMBAYARAN”, maka Anda akan dialihkan ke menu-menu pembayaran.
  • Terdapat berbagai macam jenis pembayaran yang bisa dilakukan di ATM BCA, misalnya tagihan listrik, tagihan air, tagihan belanja online, dan sebagainya. Apabila Anda tidak menemukan menu “BPJS”, maka pilihlah “LAYAR BERIKUT”.
  • Apabila Anda telah menemukan menu “BPJS”, pilih menu tersebut, maka Anda akan dihubungkan dengan jenis BPJS yang akan Anda bayar, yakni BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan.
  • Pastikan Anda memilih menu “KESEHATAN”. Setelah Anda diarahkan ke layar nomor bayar BPJS, masukkan nomor akun BPJS Kesehatan Anda dengan format 88888 + 11 digit nomor kartu peserta Anda.
  • Kemudian, konfirmasi data pembayaran Anda sebelum menyelesaikan pembayaran. Setelah menyelesaikan transaksi, jangan lupa untuk menyimpan bukti bayar Anda.
Baca juga :  Daftar Penyakit yang Tidak Ditanggung dan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Nah, membayar iuran BPJS Kesehatan ternyata tidak hanya bisa dilakukan melalui ATM.

Cara Bayar BPJS lewat BCA Mobile

Untuk Anda yang bahkan tidak sempat datang ke ATM Center untuk melakukan transaksi, Anda tidak perlu bingung dan khawatir. Membayar iuran BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalui BCA Mobile.

KlikBCA merupakan layanan yang ada pada mobile banking yang biasa disebut BCA mobile.

  • Langkah pertama, pastikan Anda memiliki aplikasi BCA mobile yang aktif dan bisa digunakan.
Cara Bayar BPJS Lewat Mobile BCA
  • Selanjutnya, buka aplikasi tersebut dan pilih menu m-Payment. Akan ada beberapa pilihan pembayaran seperti Kartu Kredit, Handphone, Telepon, Publik/Utilitas, BPJS, Asuransi, dan masih banyak lagi.
Cara Bayar BPJS Lewat Mobile BCA
  • Pilih menu “BPJS”, kemudian pilih jenis “BPJS Kesehatan”. Kemudian, klik “INPUT NOMOR BAYAR”, maka Anda akan diminta untuk memasukkan nomor pembayaran iuran BPJS Kesehatan Anda.
Cara Bayar BPJS Lewat Mobile BCA
  • Nomor yang harus Anda masukkan masih sama, yakni 88888 + 11 digit nomor kartu peserta BPJS Kesehatan Anda.
  • Setelah itu, pastika data yang Anda masukkan dan tujuan sudah benar sebelum menekan tombol “SEND”.
Cara Bayar BPJS Lewat Mobile BCA
  • Lalu, masukkan PIN BCA mobile Anda untuk melakukan pembayaran.
Cara Bayar BPJS Lewat Mobile BCA
  • Setelah pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi pembayaran sebagai bukti Anda telah membayar iuran BPJS Kesehatan.

Leave a Comment