BPJS Ketenagakerjaan

Apa Saja Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Semarang?

BPJS Ketenagakerjaan Semarang merupakan salah satu program yang dijalankan pemerintah hingga saat ini. Tentu saja hendaknya Kita juga turut mendukung berjalannya program tersebut. BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah salah satu program layaknya sebuah asuransi yang diselenggarakan pemerintah khusus bagi para tenaga kerja.

Mengingat Anda tidak selamanya bisa bekerja serta mengantisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan selama pekerjaan berlangsung ataupun saat memasuki masa pensiun. Itulah mengapa BPJS Ketenagakerjaan dibuat oleh pemerintah. Dengan jaminan tersebut tentu sangat membantu para tenaga kerja dalam menjalankan tugasnya.

Bagi Anda yang ingin menjadi peserta dari BPJS Ketenagakerjaan Semarang, maka alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat yang diperlukan. Di bawah ini merupakan syarat pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda ketahui!

BPJS Ketenagakerjaan Semarang

Syarat Pendaftaran

Terdapat dua kategori pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan. Yang pertama yakni bagi karyawan perusahaan yang mana pihak perusahaanlah yang akan mendaftarkan karyawan mereka. Sedangkan yang kedua adalah kategori bagi pekerja mandiri. Dari kedua kategori tersebut, berikut syarat pendaftaran program BPJS Ketenagakerjaan yang bisa diajukan:

  • NPWP Perusahaan asli dan salinannya
  • SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan asli dan salinannya
  • Akta Perdagangan Perusahaan asli dan salinannya
  • Salinan Kartu Keluarga dari masing-masing karyawan
  • Salinan Kartu Tanda Penduduk masing-masing karyawan
  • Pas foto berwarna 2×3 sebanyak 1 lembar

Itulah beberapa syarat pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan. Umumnya perusahaan bisa mendaftarkan setiap karyawan mereka sebagai peserta BPJS melalui situs resminya. Perusahaan bisa memakai alamat email perusahaan itu sendiri kemudian tunggu sampai ada balasan dari pihak BPJS. Selanjutnya, perusahaan hanya tinggal membawa dokumen yang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Kemudian, bagi Anda yang berstatus sebagai pekerja mandiri baik itu sebagai pekeja lepas atau seorang pengusaha namun tanpa badan usaha, maka untuk mendaftarkan BPJS diperlukan wadah organisasi. Organisasi tersebut minimal berisi 10 orang kemudian baru dapat didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga :  Prosedur Pendaftaran Pekerja Penerima Upah

Di bawah ini merupakan syarat pendaftaran yang berlaku bagi Anda sebagai seorang pekeja mandiri:

  • Surat izin usaha dari kelurahan setempat
  • Salinan Kartu Keluarga masing-masing pekerja
  • Salinan Kartu Tanda Penduduk masing-masing pekerja
  • Pas foto berwarna 2×3 sebanyak 1 lembar masing-masing pekerja

Seperti halnya dengan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya, Anda sebagai seorang pekerja mandiri bisa membuka halaman web resmi milik BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa memakai alamat email milik perwakilan organisasi. Selanjutnya Anda bisa menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

Jika sudah mendapatkan pemberitahuan, maka Anda bisa membawa dokumen yang diperlukan menuju kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di daerah Anda. Lantas apa saja manfaat yang bisa didapat saat Anda sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan? 

Tentu saja ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya berupa program-program yang dijalankan. Seperti program Jaminan Hari Tua, program Jaminan Kecelakaan Kerja, program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan, hingga program Kematian.

Dengan program-program yang diterapkan tersebut diharapkan para pekerja mendapatkan kesejahteraan secara sosial dan juga ekonomi. Minimal seorang pekerja mampu meminimalisir risiko akibat beberapa kejadian yang bisa saja terjadi tanpa Kita ketahui dan inginkan. Ataupun saat Anda sudah memasuki usia tua hingga usia pensiun nantinya.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri menjadi bagian dari peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi Anda yang bekerja di bawah perusahaan ataupun sebagai pekerja secara mandiri.

Leave a Comment