BPJS Ketenagakerjaan

Informasi Lengkap BPJS Ketenagakerjaan Bandung

Sebagai seorang karyawan yang bekerja, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan BPJS Ketenagakerjaan. Hampir semua pekerja di Indonesia sudah memilikinya. Namun, nyatanya masih ada saja orang di Bandung yang belum paham mengenai apa itu BPJS Ketenagakerjaan Bandung.

Untuk itu, Anda bisa mengetahui dahulu mengenai informasi lengkap tentang BPJS Ketenagakerjaan. Agar lebih paham mengenai hal tersebut, Anda bisa menyimaknya secara langsung pada ulasan di bawah ini.

BPJS Ketenagakerjaan Bandung

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan Bandung?

Untuk mengenal lebih jauh mengenai informasi lengkap BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mengetahui dahulu apa itu BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan Bandung merupakan program pemerintah yang berupa layanan jaminan sosial serta proteksi yang dapat memberikan perlindungan bagi seluruh tenaga kerja di Indonesia, khususnya Bandung hingga mereka pensiun.

Dahulunya, program jaminan sosial untuk para pekerja tersebut bernama Jamsostek atau Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Seiring berjalannya waktu, nama Jamsostek kemudian diubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersebut dilakukan berdasarkan Undang-undang No.24 Tahun 2011 yang membahas tentang BPJS sejak tanggal 1 Januari 2014 yang lalu.

Semenjak adanya digantinya Jamsostek menjadi BPJS Kesehatan, program tersebut sudah aktif dan beroperasi sejak tanggal 1 Juli 2015. BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan program wajib yang diusung oleh pemerintah untuk para pekerja yang ada di Indonesia.

Untuk itu, tidak heran jika setiap perusahaan yang ada di Indonesia juga diwajibkan untuk mendaftarkan para karyawan mereka dalam program yang sudah dijalankan tersebut. Dengan begitu, apabila ada perusahaan yang tidak mempunyai fasilitas BPJS terhadap semua karyawannya maka Anda selaku karyawan harus menanyakan hal tersebut kembali.

Jenis-jenis Keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan

Program BPJS Ketenagakerjaan wajib dimiliki oleh semua pekerja yang ada di Indonesia. Umumnya, setiap warna negara Indonesia, mempunyai jenis keanggotaan program BPJS yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis keanggotaan tersebut yang perlu Anda ketahui.

Baca juga :  Nama dan Jenis Program BPJS Ketenagakerjaan

Setiap jenis keanggotaan BPJS nantinya akan mempengaruhi program BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda ikuti. Jenis tersebut dikelompokkan berdasarkan pekerjaan yang dilakukan. Diantaranya:

  • PU atau Penerima Upah

Bagi Anda yang bekerja dengan menerima upah, gaji, ataupun imbalan yang didapat dari pemberi kerja, maka Anda bisa masuk sebagai Pekerja Penerima Upah.

  • BPU atau Bukan Penerima Upah

Jika Anda memiliki usaha atau kegiatan lainnya yang secara mandiri mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut, maka Anda bisa masuk sebagai Pekerja Bukan Penerima Upah. Seperti supir angkot, tukang ojek, dokter, artis, pengacara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • JAKON atau Jasa Kontribusi

BPJS ini berlaku bagi orang yang bekerja dalam sebuah layanan konsultasi perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan pekerjaan konstruksi.

  • PMI atau Pekerja Migran Indonesia

BPJS yang satu ini bisa dipilih bagi warga negara Indonesia yang sedang atau akan melakukan pekerjaan serta menerima upah di luar negeri.

Setelah mengetahui jenis keanggotaan dari BPJS Keteganakerjaan Anda tentu sudah paham mengenai BPJS mana yang nantinya akan dipilih. Dengan mempunyai BPJS, maka Anda bisa mendapatkan manfaat berupa jaminan proteksi diri dari risiko sosial misalnya kecelakaan kerja sampai Anda pensiun nanti.

Lebih dari itu, BPJS Ketenagakerjaan juga dapat memberikan jaminan kematian. Dengan begitu, jika suatu saat terjadi pada Anda sebagai keluarga maka pemerintah akan memberikan dana santunan kepada keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, sembari memiliki BPJS, tidak ada salahnya untuk sekaligus memiliki dana investasi di hari tua nantinya.

Leave a Comment