BPJS Kesehatan

Di Sini Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Utara

BPJS Kesehatan merupakan sebuah solusi alternatif bagi Anda yang ingin memiliki asuransi kesehatan. BPJS Kesehatan ini merupakan program milik pemerintah yang diatur di bawah naungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS Kesehatan ini wajib diikuti oleh seluruh penduduk Indonesia.

Dalam sistem BPJS Kesehatan ini, ada 3 kelas yang dapat dipilih oleh para peserta BPJS Kesehatan, yaitu Kelas I, Kelas II, dan Kelas III yang memiliki fasilitas-fasilitas berbeda sesuai dengan tingkatan kelasnya.

Untuk mengurus BPJS Kesehatan ini, Anda bisa mendatangi kantor BPJS Kesehatan yang ada di kota Anda. Di sana, Anda akan mengurus BPJS Kesehatan, mulai dari mendaftarkan diri hingga mengurus hal-hal yang lain.

Memang untuk proses ini, Anda dapat melakukannya secara offline atau langsung dan secara online. Jika Anda sedang bertempat tinggal atau menetap di Jakarta Utara, berikut ini alamat kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Utara yang dapat Anda datangi untuk mengurus BPJS Kesehatan Anda.

Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Utara

Untuk Anda, warga Jakarta Utara yang ingin mendaftar atau mengurus keanggotaan BPJS Kesehatan, Anda dapat mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat di Jakarta Utara di alamat Jl. Plumpang Semper No. 6, RT 09 RW 01, Tugu Sel., Kec. Koja, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan kode pos 14260. 

Kantor ini buka mulai pukul 08.00 pagi sampai 15.00 sore, dari hari Senin hingga Jumat. Anda juga bisa menghubungi melalui call center-nya di (021) 43936649.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Utara?

Anda dapat melakukan pendaftaran peserta baru BPJS Kesehatan, seperti Pekerja Penerima Upah (PPU) dan jenis keanggotaan lain, perubahan data pada data keanggotaan BPJS Kesehatan, pendaftaran bayi baru lahir yang menjadi peserta PBI, perubahan FKTP peserta PBI, pengaduan peserta, dan pelayanan lain bisa Anda lakukan di kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Utara.

Baca juga :  Info Jam Buka Kantor BPJS Kesehatan

Jika Anda ingin mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan di kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Utara, tentunya ada langkah-langkah yang harus Anda perhatikan. Pendaftaran untuk setiap jenis keanggotaan masing-masing berbeda. 

Ada 3 jenis keanggotaan yang ada pada sistem BPJS Kesehatan, yaitu Penerima Bantuan Iuran (PBI), Pekerja Penerima Upah (PPU), serta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja.

Pada PBI, pendataan fakir miskin dan orang yang tidak mampu yang akan menjadi peserta PBI dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, sebuah lembaga pemerintah yang bergerak dalam bidang statistik. Data dari BPS tersebut akan diverifikasi dan divalidasi oleh Kementerian Sosial.

Selain itu juga ada penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah berdasarkan SK Gubernur, Bupati, Walikota bagi Pemda yang mengintegrasikan program Jamkesda ke program JKN.

Sedangkan untuk PPU, perusahaan atau badan usaha akan mendaftarkan seluruh pegawai beserta anggota keluarganya ke kantor BPJS Kesehatan dengan melampirkan beberapa berkas yang diperlukan.

Dan untuk PBPU dan Bukan Pekerja, langkah-langkahnya adalah pertama, calon peserta secara perorangan mendaftar ke kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Utara.

Kemudian mendaftarkan juga seluruh anggota keluarga yang terdata di Kartu Keluarga. Selanjutnya, mengisi formulir Daftar Isian Peserta (DIP) dengan menyertakan fotokopi Kartu Keluarga (KK), KTP/Paspor (masing-masing satu lembar). Juga melampirkan fotokopi buku tabungan salah satu peserta yang terdata pada KK. Selanjutnya pas foto 3×4, masing-masing sebanyak 1 lembar.

Setelah mendaftar, calon peserta tadi akan mendapatkan nomor Virtual Account (VA) untuk selanjutnya dapat membayarkan iuran ke bank yang bekerja sama, yakni BRI, BNI, dan Bank Mandiri. Dan bukti pembayaran iuran tadi silakan Anda serahkan ke kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Utara untuk dicetakkan kartu JKN.

Baca juga :  BPJS Kesehatan Jakarta, Alamat dan Nomor Telepon yang Bisa Dihubungi

Untuk mengurus keanggotaan BPJS Kesehatan, Anda bisa mengurusnya di kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Utara. Silakan Anda kunjungi kantor dengan alamat tadi, dan Anda akan dibantu dalam mengurus keperluan Anda dengan senang hati. 

Leave a Comment