BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Adalah Solusi Masalah Pelayanan Kesehatan

BPJS kesehatan adalah solusi untuk seluruh masalah kesehatan anda. Sebab dengan menjadi anggota BPJS anda berhak menerima pelayanan kesehatan yang sama dengan anggota sekelasnya, karena memang BPJS kesehatan ini memberikan kategori menurut kelasnya.

Mulai dari kelas I, kelas II, hingga kelas III. Pada dasarnya ketiga kelas ini memiliki pelayanan kesehatan yang sama, hanya yang membedakan adalah ruang rawat inapnya saja, selebihnya sama saja. Untuk memperjelas mengenai apa itu BPJS maka silahkan simak uraian berikut

Pengertian BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan ini berkantor pusat di Jakarta, dengan jenis Badan Hukum Publik pada industri kesehatan. Pada dasarnya dibentuknya BPJS ini bertujuan untuk memastikan pelayanan kesehatan bisa dirasakan secara merata.

Kini asuransi kesehatan bukan hanya bisa dinikmati oleh karyawan yang bekerja pada perusahaan atau sejenisnya, namun ibu rumah tangga juga bisa merasakan hal yang sama, bahkan lansia dan balita juga bisa masuk ke dalam BPJS kesehatan. 

Lalu sebenarnya apa it BPJS kesehatan? Banyak sekali masyarakat awam yang belum memahaminya dengan jelas. Sehingga masih cukup banyak orang yang belum tertarik ikut menjadi anggota.

Maka dari itu dalam artikel kali ini kami akan membahas pengertian BPJS secara rinci. BPJS kesehatan adalah badan hukum public yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia dan bertanggung jawab langsung kepada presiden

BPJS awal mulanya dikelola oleh PT Askes Indonesia (persero). BPJS dulunya bernama Askes (asuransi kesehatan). Namun kemudian pemerintah mengeluarkan undang – undang No. 24 tahun 2011 mengenai BPJS, dimana menyatakan bahwa PT. Askes Indonesia berubah menjadi BPJS kesehatan, dan hingga kini tetap menjadi BPJS kesehatan. 

Baca juga :  Fitur, Fungsi dan Kegunaan Situs BPJS Kesehatan

Bagi anda yang ingin menjadi anggota bpjS mandiri bisa langsung mendaftar  dengan cara mendatangi kantor cabang BPJS di kota anda. Selain itu pendaftaran juga bisa dilakukan secara online dengan membuka situs atau website resmi BPJS. Setelah mendaftar pastikan anda membayar iuran setiap bulannya agar tetap menjadi anggota aktif

Sasaran Utama BPJS kesehatan

Pada dasarnya BPJS bisa dinikmati seluruh warga Indonesia yang bersedia mendaftar sebagai anggota. Tidak peduli dengan latar belakang anggota bisa saja menjadi anggota mandiri, namun sebenarnya BPJS ini memiliki sasaran utama, diantaranya:

  • Pegawai negeri sipil
  • Penerima pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) serta TNI atau POLRI
  • Veteran atau mantan pejuan
  • Perintis kemerdekaan dan seluruh anggota keluarganya
  • Pegawai atau karyawan seluruh badan usaha
  • Rakyat biasa / masyarakat awam

Kini BPJS kesehatan memiliki peran yang sangat penting sebagai badan hukum public yang bertugas menjalankan fungsi pelayanan umum pada bidang penyelenggaraan jaminan sosial nasional.

Pada awalnya BPJS kesehatan ini dibentuk atas dukungan modal awal dari APBN. Setelah cukup banyak masyarakat yang turut serta menjadi anggota maka, BPJS memiliki aset kekayaannya sendiri, selain itu beberapa sumber kekayaan BPJS juga diatur dalam perundang – undangan. 

Demikianlah pembahasan kita mengenai BPJS kesehatan adalah solusi masalah pelayanan kesehatan seluruh warga Indonesia. Kini anda tidak perlu bingung saat ingin berobat ke rumah sakit karena tidak memiliki biaya, sebab pemerintah melalui BPJS memberikan solusi yang sangat baik. anda bisa mendaftar sebagai anggota lalu nikmati seluruh pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Atau hubungi Call center BPJS untuk pertanyaan lebih lanjut.

Leave a Comment