BPJS Kesehatan

Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan dengan JKN Online

Program jaminan kesehatan yang disediakan pemerintah diperuntukan masyarakat secara meluas dan merata. Siapapun dapat menjadi anggota BPJS Kesehatan baik untuk karyawan di sebuah badan usaha, ibu rumah tangga bahkan bayi yang baru lahir sekalipun berhak mendapatkan jaminan ini.

Jika sudah terdaftar dan sudah memiliki nomor kartu kepesertaan BPJS Kesehatan, anda harus melakukan cek keanggotaan BPJS Kesehatan  dengan JKN online. Tujuannya untuk mengetahui status serta jenis fasilitas kesehatan yang akan anda peroleh. Bagaimana caranya? 

Anggota BPJS Kesehatan

Seluruh penduduk Indonesia berhak menjadi anggota BPJS Kesehatan JKN online. Tua-muda, bekerja maupun tidak, semua harus mendaftarkan dirinya untuk mengikuti program jaminan kesehatan ini. Dari situs BPJS Kesehatan, jenis keeanggotaan terbagi ke dalam dua garis besar.

Pertama, Penerima Bantuan Iuran-Jaminan Kesehatan (PBI-JK). Program jaminan kesehatan untuk fakir miskin dan orang tidak mampu yang dibayar oleh Pemerintah Pusat melalui APBN dan Pemerintah Daerah melalui APBD.

Kedua, Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non PBI),  meliputi Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dan  Bukan Pekerja (BP). 

Anggota Keluarga yang Ditanggung dalam Program Kesehatan

Bukan hanya untuk diri sendiri, BPJS Kesehatan dapat menanggung anggota keluarganya. Anggota keluarga yang dapat ditanggung sebagai peserta jaminan ini. Seseorang yang terdaftar sebagai peserta PBI-JK dengan iuran yang dibayarkan oleh pemerintah pusat. 

Anggota keluarga yang ditanggung dalam jaminan kesehatan ini adalah mereka yang namanya didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan Keputusan Menteri Sosial RI.

Seseorang terdaftar sebagai peserta PBI-JK dengan iuran dibayarkan oleh pemerintah daerah, anggota keluarga yang ditanggung dalam jaminan kesehatan ini adalah mereka yang namanya didaftarkan dan ditetapkan oleh pemerintah daerah provinsi atau pemerintah daerah kabupaten atau kota.

Baca juga :  Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Seseorang  yang terdaftar sebagai peserta PPU, anggota keluarga yang terdaftar adalah pasangan sah (suami/istri) dan maksimal tiga orang anak. 

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan JKN Online

Cek keanggotaan dapat dilakukan melalui halaman resmi BPJS Kesehatan. Selain melalui situs resminya, cek keanggotaan BPJS Kesehatan JKN online melalui aplikasi mobile yang bernama JKN-KIS BPJS Kesehatan.    

  • Unduh aplikasi JKN-KIS BPJS Kesehatan di Google Play Store dan install di gawai.  Buka aplikasi, anda akan menemukan form login yang meminta nomor kartu BPJS atau email Anda dan password.  Jika belum pernah mendaftar aplikasi, langsung klik ‘Register’.
bpjs jkn online
  • Anda akan menemukan form identitas diri yang perlu diisi, seperti nomor kartu BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor handphone, dan password.
  • Mohon isi alamat email dan nomor handphone sesuai dengan data yang sama saat mendaftar BPJS Kesehatan.
  •  Klik ‘Register’ jika sudah mengisi seluruh form dengan lengkap. Anda akan menemukan form verifikasi yang perlu diisi dengan kode angka unik. Kode tersebut akan aplikasi kirimkan ke email yang didaftarkan. 
  • Buka email notifikasi dari aplikasi JKN-KIS, salin kode angka itu dan masukkan ke dalam form verifikasi. 
  • Selanjutnya, klik ‘Verify’. Setelah terverifikasi, aplikasi akan masuk ke menu utama yang menampilkan beberapa fitur JKN-KIS. Untuk mengetahui keanggotaan BPJS Kesehatan, silakan pilih ‘Peserta’.
bpjs jkn online
  • Fitur itu, mengantar anda untuk menemukan informasi mengenai keanggotaan BPJS Kesehatan diri sendiri dan anggota keluarga (jika ada). Selain itu, anda juga dapat mengetahui tagihan iuran BPJS setiap bulannya. Nah, itulah cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN online

Leave a Comment