Q&A

Bisakah Kita Mengganti Kelas BPJS Kesehatan?

Jawabannya bisa. Kita bisa mengganti kelas BPJS Kesehatan untuk peserta BPJS baik PBI maupun Non PBI. Hanya saja untuk peserta BPJS PBI tidak diperkenankan untuk berpindah kelas selama dalam perawatan atau rawat inap. Sedangkan untuk BPJS Non PBI diperkenankan untuk pindah kelas baik itu naik kelas atau bahkan turun kelas sekalipun.

Untuk peserta BPJS Kelas 3 baik PBI maupun Non PBI diperkenankan untuk naik ke kelas 2 atau 1 dengan cara melakukan pendaftaran kembali untuk prosesnya. Syarat yang sama juga diberikan untuk pemilik kelas 2. Lalu bagaimana dengan pemilik kelas 1? Pemilik BPJS Kelas 1 bisa naik ke kelas VIP selama perawatan dengan membayar biaya selisih yang dibayarkan oleh BPJS.

Sama halnya kelas 1, kelas 2 dan juga kelas 3 khusus Non PBI juga bisa naik kelas hingga kelas VIP saat perawatan. Namun kembali, biaya lebih yang tidak tercakup oleh BPJS harus ditanggung oleh pesertanya sendiri. Tentunya semakin jauh jarak kelasnya maka semakin besar pula biaya yang harus ditanggung.

Sedangkan apabila peserta mengalami kesulitan untuk membayar iuran premi BPJS, peserta dapat mengajukan untuk turun ke kelas dimana peserta tersebut mampu. Demikian informasi mengenai pergantian kelas BPJS Kesehatan. Anda bisa mempertimbangkan keuangan Anda untuk memilih kelas yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga :  Ada Berapa Kelas BPJS Kesehatan?

Leave a Comment