Q&A

Berapa Tarif BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan adalah salah satu program dari pemerintah untuk memberikan jaminan sosial di bidang kesehatan. BPJS sendiri mengusung konsep gotong royong dimana terdapat dua jenis BPJS yakni PBI atau Penerima Bantuan Iuran dan BPJS Non PBI. Untuk BPJS PBI sendiri pesertanya merupakan masyarakat kurang mampu yang iurannya ditanggung pemerintah.

Selain ada dua jenis BPJS, ada 3 kelas BPJS dengan tarif premi yang berbeda. Untuk yang paling tinggi adalah BPJS Kelas 1 dengan iuran premi sebesar Rp. 150.000,- . Sebelumnya tarif BPJS sempat mengalami naik turun meski pada akhirnya kembali seperti semula termasuk untuk kelas 1 nya yang sebelumnya sempat turun hingga Rp. 80.000,-

Selanjutnya ada BPJS Kesehatan Kelas 2 yang mana untuk kelas ini Anda harus membayar biaya premi bulanan sebesar Rp. 100.000,- yang mana belum berlaku hingga per Mei 2020. Sebelumnya juga tarif premi kelas 2 juga sempat sempat turun menjadi Rp. 51.000,- dimana sebelumnya tarifnya adalah Rp. 110.000,-.

Untuk kelas terakhir adalah BPJS Kesehatan Kelas 3. Di kelas ini sendiri adalah kelas bagi peserta BPJS PBI jug Non PBI. Untuk peserta BPJS Non PBI harus membayarkan premi dengan tarif Rp. 42.000,- yang juga belum berlaku per Mei 2020. Tarif premi untuk BPJS Kelas 3 ini sebelumnya turun hingga Rp. 25.000,-.

Baca juga :  Cara Komplain BPJS Kesehatan, Begini Tipsnya

Leave a Comment