BPJS Ketenagakerjaan

Berapa Lama Pencairan BPJS Ketenagakerjaan?

Seiring berjalannya waktu, layanan yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan semakin baik. Salah satu layanan yang dikembangkan dan ditingkatkan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah adanya proses klaim dan pencairan untuk Tunjangan Hari Tua atau THT.

Proses yang harus Anda lalui untuk melakukan klaim ada 2 dan relatif mudah. Namun, berapa lama proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan dilakukan? Hal tersebut tergantung dari berapa banyak berkas yang berhasil Anda penuhi oleh pihak bank. 

Berapa Lama Proses Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Dilakukan?

Berapa Lama Proses Pencairan BPJS Kenetagakerjaan ?

Layanan yang dahulu bernama Jamsostek ini merupakan layanan baru yang wajib dimiliki oleh para pekerja. Perlu diketahui bahwa besaran persentase pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan terbagi ke dalam beberapa bagian, yaitu 10%, 30% hingga 100%. 

Berapa lama proses pencairan BPJS ketenagakerjaan sangat tergantung dari beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan penuhi. Sebelum melakukan pencairan dana Tunjangan Hari Tua atau THT, berpikirlah secara bijak dan baik-baik.

Jika pencairan dirasa belum perlu, lebih baik Anda urungkan niat tersebut dan menunggunya sampai pada waktu yang tepat. Semakin lama Anda melakukan pencairan, semakin besar pula dana yang akan ditransfer ke rekening Anda sebagai THT.

Mengenai berapa lama proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan sangat tergantung dalam beberapa hal. Berikut dua hal yang mempengaruhi durasi proses klaim dan pencairan BPJS.

  • Jumlah orang yang melakukan klaim. Jika pada saat Anda melakukan klaim dan di saat yang bersamaan banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang juga melakukan proses klaim dan pencairan, maka durasi yang dibutuhkan akan semakin lama. 

Tidak jarang proses klaim dan pencairan akan memakan waktu sampai 14 hari. Setelah masa menunggu tersebut, dana THT baru akan ditransfer ke rekening Anda. Semakin banyak peserta yang klaim, semakin lama pula proses pencairan dan klaim yang harus Anda lalui/

  • Kelengkapan Dokumen Pendukung
Baca juga :  Cara Menghitung Saldo BPJS dengan Aplikasi

Sebelum Anda melakukan klaim dan pencairan ditransfer, Anda diharuskan memenuhi dan mengumpulkan beberapa jenis dokumen dan data pendukung untuk proses klaim.

Beberapa jenis dokumen wajib yang harus Anda kumpulkan di antaranya adalah surat keterangan bekerja dari kantor Anda, kartu BPJS Ketenagakerjaan yang asli dan fotokopinya, kartu keluarga, buku tabungan, kartu tanda penduduk dan surat izin mengemudi yang masih baru atau masih aktif.

Setelah Anda berhasil memenuhi dan mengumpulkan semua dokumen yang diminta, maka Anda akan melalui proses selanjutnya. 

Berapa lama proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan? Semakin lengkap dokumen yang Anda kumpulkan maka semakin cepat proses yang akan Anda lalui. Anda bise mendapatkan uang klaim dalam 1 sampai 2 hari jika dokumen yang Anda kumpulkan sangat lengkap.

  • Datang Langsung ke Bank

Cara lain yang bisa Anda lakukan jika ingin menklaim dan melakukan pencairan Tunjangan Hari Tua, maka Anda dapat pergi dan datang langsung ke bank. Cara ini tergolong cara tercepat dalam melakukan klaim dan pencairan dana BPJS Ketenagaerjaan karena Anda tidak harus antre dengan para peserta lainnya yang melakukan hal yang sama. 

Sebelum Anda datang ke bank, sangat penting untuk memastikan bank mana saja yang melakukan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Proses yang Anda lalui jika melalui bank pun tergologn singkat dan efisien karena tidak harus mengantre. Selain itu, dana yang akan ditransfer ke rekening Anda relatif cepat.

Dapat disimpulkan bahwa lamanya proses klaim akan sangat tergantung dengan kondisi peserta yang secara bersamaan melakukan klaim, atau jenis dokumen yang harus anda penuhi. Jika Anda mau proses klaim berjalan cepat, efisien dan tanpa antre, melakukan ke bank langsung merupakan pilihan yang tepat. 

Baca juga :  5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Program dan Besaran Iuran

Leave a Comment