Prosedur

Bayar Iuran BPJS Kesehatan di Alfamart

Pemerintah telah resmi menaikkan iuran BPJS Kesehatan hingga 100 persen yang mulai berlaku 1 Januari 2020  melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. 

Iuran kelas III naik menjadi Rp42.000 per orang per bulan, kelas II menjadi Rp110.000 per orang per bulan, dan untuk kelas I naik menjadi Rp160.000 per orang per bulan. Bagi peserta BPJS Kesehatan Mandiri wajib untuk bayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih.

Sedangkan untuk peserta yang merupakan pekerja penerima upah (PPU) yang bekerja di sebuah perusahaan negeri maka iurannya akan diambil langsung sebesar 5 persen dari gaji pokok per bulan. Selain menaikkan iuran, pemerintah juga sedang  menyiapkan aturan mengenai sanksi bagi nasabah yang menunggak iuran BPJS Kesehatan.

Bayar Iuran BPJS Kesehatan di Alfamart

Di mana peserta yang menunggak akan secara otomatis sulit untuk  dapat mengakses layanan publik, seperti pelayanan perpanjangan SIM, pembuatan paspor, IMB dan lainnya.

Untuk itu, pemerintah memudahkan pembayaran iuran BPJS agar masyarakat dapat membayar tepat waktu sehingga tidak menunggak. Berikut cara bayar iuran BPJS Kesehatan untuk peserta mandiri selain langsung mendatangi ke kantor BPJS Kesehatan.

Cara Melakukan Pembayaran Melalui Alfamart

Pemerintah melalui BPJS telah memberikan beberapa fasilitas untuk memudahkan masyarakat ketika melakukan pembayaran iuran BPJS. Fasilitas pembayaran ini bertujuan agar peserta BPJS dapat membayar iuran di mana pun dan kapan pun mereka berada, sehingga terhindar dari keterlambatan dan denda.

Selain pembayaran langsung melalui loket pembayaran yang tersedia di kantor BPJS Kesehatan, BPJS juga menyediakan fasilitas pembayaran melalui layanan bank-bank yang telah bekerja sama dengan BPJS, Kantor Pos, aplikasi e-commerce serta Indomaret dan Alfamart.

Baca juga :  Sangat Gampang, Begini Cara Pindah Faskes BPJS

Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan layanan ATM ataupun internet banking, mungkin akan sangat mudah dan praktis bagi Anda untuk membayar iuran BPJS Kesehatan melalui layanan tersebut jika bank Anda bekerja sama dengan BPJS.

Namun, apabila Anda tidak menggunakan layanan perbankan tersebut, pembayaran BPJS melalui Alfamart dan Indomaret bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda karena saat ini sangat mudah menemukan gerai Alfamart dan Indomart ini yang sudah ada hampir di setiap pelosok daerah yang ada di Indonesia.

Pembayaran iuran BPJS di Alfamart cukup mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkah membayar iuran BPJS di Alfamart:

  1. Anda cukup datang ke gerai Alfamart terdekat dengan membawa kartu BPJS Anda atau catatan nomor virtual BPJS Anda.
  2. Lalu, beritahukan kepada petugas/kasir Alfamart bahwa Anda ingin membayar iuran BPJS Kesehatan.
  3. Nantinya, petugas/kasir Alfamart akan menanyakan kartu BPJS atau nomor BPJS yang ingin Anda bayarkan dan juga nomor ponsel Anda
  4. Kemudian, Anda membayar iuran BPJS sesuai dengan kelas Anda dan tambahan biaya admin sebesar Rp2.500.
  5. Jika petugas Alfamart sudah selesai memproses transaksi, nantinya Anda akan diberikan struk sebagai bukti Anda telah melakukan transaksi pembayaran iuran BPJS kesehatan
  6. Terakhir, ambil dan simpan struk bukti pembayaran BPJS Kesehatan.

Bayar BPJS Kesehatan Tepat Waktu, Hindari Nunggak Iuran

Dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh BPJS dalam proses pembayaran seharusnya tidak membuat Anda terlambat dalam membayar iuran.

Jika Anda membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu, maka Anda akan mendapatkan layanan yang terjamin. Hindari menunggak iuran, karena aturan sanksi dan denda bagi penunggak iuran BPJS Kesehatan sudah dijalankan.

Leave a Comment