Q&A

Bagaimana Cara Mendaftarkan Kepesertaan BPJS PPU?

Bagi mereka yang bekerja baik di perusahaan atau di organisasi lainnya tidak hanya dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan saja, melainkan dilindungi dengan BPJS Kesehatan yang bernama BPJS PPU atau Pekerja Penerima Upah. Untuk Anda yang memiliki status pegawai atau karyawan, bIsa memilih jenis BPJS ini selain BPJS mandiri. Berikut cara mendaftarkannya.

Langkah pertama adalah, perusahaan atau badan usaha mendaftarkan seluruh karyawan dan juga anggota keluarganya ke Kantor BPJS Kesehatan dengan melampirkan persyaratannya yakni sebagai berikut:

  • Formulir Registrasi Badan Usaha / Badan Hukum lainnya
  • Data Migrasi karyawan lengkap dengan anggota keluarganya sesuai format yang ditentukan oleh BPJS Kesehatan, umumnya berupa Kartu Keluarga.

Langkah berikutnya, perusahaan atau  badan usaha tersebut akan menerima nomor Virtual Account (VA) yang berfungsi untuk melakukan pembayaran ke Bank yang telah bekerja sama dengan BPJS yakni BRI, Mandiri dan BNI.

Langkah terakhir, Bukti Pembayaran Iuran diserahkan ke Kantor BPJS Kesehatan yang kemudian akan dicetakkan kartu JKN. Jika tidak memungkinkan, perusahaan dapat mencetak e-ID secara mandiri untuk anggotanya atau karyawannya tersebut.

Itulah bagaimana cara mendaftarkan kepesertaan BPJS PPU atau Pekerja Penerima Upah. Seperti namanya, jenis BPJS ini diperuntukan untuk pekerja, karyawan atau pihak yang bekerja pada suatu instansi, perusahaan, lembaga atau lainnya. Sedangkan untuk yang tidak termasuk dalam golongan tersebut bisa memilih jenis BPJS Mandiri. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga :  Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan

Leave a Comment