Q&A

Bagaimana Cara Mendaftarkan Kepesertaan BPJS PBI?

BPJS menggunakan konsep gotong royong dalam menjamin kesehatan masyarakat. Mereka yang tidak mampu nantinya akan menerima PBI atau Penerima Bantuan Iuran yang mana sumbernya berasal dari iuran mereka yang mampu. Nah lalu bagaimana cara mendaftarkan kepesertaan BPJS PBI? Berikut ulasannya untuk Anda.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya jika jenis BPJS yang satu ini ditujukan untuk masyarakat orang mampu. Oleh karena itulah, untuk menghindari penerima yang tidak berhak, khusus untuk pendaftaran BPJS PBI atau Penerima Bantuan Iuran hanya dapat dilakukan melalui lembaga Pemerintahan di bidang statistik yakni Badan Pusat Statistik.

BPS tersebut pun sudah diverifikasi dan divalidasi oleh Kementerian Sosial sehingga memiliki kekuatan hukum. Selain itu, peserta PBI juga dapat ditetapkan atau didaftarkan oleh Pemerintah Pusat. Termasuk juga bila terdapat penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah dengan SK Gubernur/Bupati/Wali Kota.

Mengapa cara mendaftarkan kepesertaannya lebih sulit? Karena berhubungan dengan banyaknya penerima bantuan pemerintah yang salah sasaran. Oleh karena itulah, dalam memilihnya sangat ketat untuk menghindari adanya salah sasaran tersebut.

Itulah penjelasan bagaimana cara mendaftarkan kepesertaan BPJS PBI yang memang berbeda dengan non PBI yang bebas dalam melakukan pendaftaran dan juga memperoleh fasilitas yang berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan informasi seputar BPJS yang seringkali membingungkan bagi beberapa orang.

Baca juga :  Mengapa Saya Tidak Bisa Menggunakan Kartu BPJS Saya Untuk Berobat? Saya Peserta BPJS PBI

Leave a Comment