BPJS Kesehatan

Apakah Tes Gula Darah Ditanggung Bpjs Kesehatan?

Apakah Tes Gula Darah Ditanggung BPJS Kesehatan ?

Terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini sangat penting dan sangat membantu. Sistem jaminan kesehatan nasional yang memberikan banyak manfaat pelayanan kesehatan, baik rawat inap maupun rawat jalan kepada semua pesertanya.

Selain itu ada juga peserta yang masuk kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI). Mereka adalah warga tidak mampu yang menerima subsidi iuran dari pemerintah. Jadi betul-betul gratis, tidak membayar iuran, namun mendapat manfaat pelayanan kesehatan dari BPJS. Jika Anda sudah terdaftar, sebaiknya Anda pelajari, fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan secara gratis. 

Salah satu cara untuk mengetahui penyakit yang diderita seseorang adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium. Dimulai dari pemeriksaan darah hingga urine. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengetahui jenis penyakit yang diderita pasien. Hasil laboratorium ini kemudian dijadikan analisa dokter untuk mendiagnosis  tentang penyakit yang Anda derita.

Tahukah Anda jika pemeriksaan laboratorium ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Perlu diperhatikan tidak semua pemeriksaan laboratorium ditanggung oleh BPJS Kesehatan, jika pemeriksaan dilakukan atas indikasi medis dan sudah sesuai dengan kategori yang telah ditentukan maka pemeriksaan dapat ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan. Namun jika tidak maka pasien harus membayar sendiri biaya pemeriksaan laboratorium tersebut.

Pemeriksaan di Faskes Tingkat Pertama

Setiap peserta BPJS Kesehatan harus mendatangi faskes tingkat pertama yang biasanya adalah puskesmas atau dokter jaga yang lokasinya berada di daerah tempat tinggal Anda.

Dokter pada faskes tingkat I ini akan melakukan pemeriksaan dan jika ditemukan indikasi bahwa Anda memerlukan pemeriksaan laboratorium, dokter tersebut akan memberikan rujukan. Rujukan dokter ini yang kemudian menjadi dasar BPJS Kesehatan menanggung biaya pengobatan Anda.

Pada faskes tingkat ini ada beberapa pelayanan cek darah yang Anda dapat manfaatkan secara gratis dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Pelayanan ini diberikan jika secara medis pasien terbukti harus menjalani pemeriksaan darah berdasarkan atas rujukan dokter.

Berikut ini adalah jenis pemeriksaan laboratorium yang ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan:

  1. Cek darah sederhana seperti hemoglobin, leukosit, trombosit, hematokrit, eritrosit, laju endap darah, dan pengecekkan golongan darah.
  2. Cek urin sederhana seperti PH, berat jenis, kejernihan, warna, leukosit, dan eritrosit.
  3. Cek Feses sederhana.
  4. Cek gula darah sewaktu.

Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pengecekkan gula darah gratis jika secara medis Anda terbukti harus melakukannya berdasarkan hasil rujukan dari dokter dari Puskesas atau dokter jaga disekitar tempat tinggal Anda. Sementara itu, jika pemeriksaan laboratorium dilakukan atas dasar keinginan sendiri dari Si pasien, BPJS Kesehatan tidak akan menanggung biayanya.

Yang perlu diingat adalah pemeriksaan laboratorium di faskes 1 tidak wajib karena tidak semua faskes 1 bekerjasama dengan BPJS. Namun jika ternyata faskes memiliki fasilitas yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium di faskes 1 dengan ketentuan seperti yang tertera diatas.

Pemeriksaan di Faskes Tingkat Lanjut

Jika memang pasein ingin melakukan pemeriksaan laboratorium lebih detail maka sebaiknya pasien BPJS Kesehatan meminta surat rujukan dari faskes 1 untuk dapat dirujuk ke faskes tingkat lanjutan.

Hampir semua pelayanan dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan, selama ada alat dan dilakukan di dalam rumah sakit itu sendiri. Hal yang tidak kalah penting untuk pemeriksaan pasien dengan rujuk balik semua pemeriksaan laboratorium akan ditanggung penuh oleh BPJS Kesehatan.

Semoga informasi ini bermanfaat. 

Leave a Comment