BPJS Kesehatan

Apakah Operasi Caesar Ditanggung BPJS Kesehatan?

Apakah operasi caesar ditanggung BPJS ? Operasi caesar merupakan salah satu penyebab yang menyebabkan anggaran BPJS Kesehatan mengalami defisit.Hal ini dilihat dari keberadaan rumah sakit yang masih memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan diagnosis yang semestinya.

Akibatnya biaya layanan BPJS Kesehatan atas operasi caesar ini membengkak. Memang BPJS Kesehatan memberikan keuntungan yang dapat dirasakan oleh peserta BPJS Kesehatan terkhususnya ibu hamil. Mereka mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan mulai dari pemeriksaan kehamilan, usg saat adanya gangguan kehamilan hingga proses persalinan. 

Apakah operasi caesar ditanggung BPJS ? Operasi caesar guna untuk persalinan biayanya ditanggung BPJS Kesehatan yang tentunya harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di BPJS Kesehatan, baik yang melahirkan secara normal maupun melahirkan dengan cara operasi caesar menggunakan BPJS Kesehatan.

Bagi peserta BPJS Kesehatan dengan melakukan operasi caesar tidak sembarangan. Beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh peserta BPJS Kesehatan.

apakah operasi caesar ditanggung bpjs

Saran Dokter atau Bidan

Setiap perempuan yang hamil pasti mendambakan kehadiran calon bayinya dengan perasaan penuh suka cita. Namun sayangnya tidak semua ibu hamil dapat melahirkan secara normal.

Sebagian dari ibu hamil terpaksa harus melakukan operasi sesar atas anjuran atau saran dokter atau bidan.  Apakah operasi caesar ditanggung BPJS? Ya, atas dasar medis dan rujukan dari dokter atau bidan maka BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan.

Perlu diketahui juga melahirkan melalui operasi sesar dengan BPJS Kesehatan ini tidak boleh atas keinginan atau permintaan sendiri. Apabila operasi sesar ini atas permintaan sendiri, karena takut merasakan sakit atau yang lainnya maka tidak akan ditanggung biayanya oleh BPJS Kesehatan.

Baca juga :  Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA dan BCA Mobile

Kartu BPJS Masih Aktif 

Apakah operasi caesar ditanggung BPJS? Jika anda ingin biaya persalinan operasi caesar dapat ditanggung BPJS Kesehatan anda harus mendapatkan surat rujukan dan juga memastikan kartu BPJS Kesehatan anda masih aktif dalam artian tidak ada tunggakan.

Karena sangat penting sekali membayar iuran tepat waktu agar status BPJS Kesehatan itu masih aktif dan tentunya dapat digunakan dengan mudah. Operasi caesar yang dilakukan di klinik atau rumah sakit yang telah memiliki fasilitas yang lengkap atau memadai. 

Surat Rujukan untuk Kondisi Gawat Darurat 

BPJS Kesehatan membuat ketentuan jika terjadi sesuatu yang membahayakan bagi ibu dan bayi seperti ketuban pecah, pendarahan, dan sebagainya. Ternyata bidan atau pihak terkait seperti puskesmas atau klinik tidak sanggup untuk menangani dan mengharuskan pasien melakukan operasi caesar maka peserta ibu hamil yang memiliki status peserta BPJS Kesehatan ini berhak mendapatkan surat rujukan untuk pergi ke rumah sakit dan biaya persalinan tersebut ditanggung BPJS Kesehatan. 

BPJS Kesehatan menanggung biaya peserta BPJS Kesehatan sebelum melakukan persalinan. Ada baiknya anda mempersiapkan sejumlah persyaratan persalinan menggunakan BPJS, seperti kartu BPJS Kesehatan, Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP),buku Kesehatan Ibu dan Anak, dan surat rujukan (jika dirujuk ke Rumah Sakit). Setelah memenuhi persyaratan tersebut,  prosedur persalinan dengan BPJS dapat ditempuh.

Jika tidak ada kelainan, akan ditangani di puskesmas atau klinik yang memiliki fasilitas bersalin atau jejaring bidan. Jika pesalinan normal memiliki risiko tinggi, dapat dirujuk ke rumah sakit dan dapat  melahirkan dengan BPJS di rumah sakit. Jika Puskesmas atau klinik tidak memiliki sarana dan prasarana melahirkan normal dan tidak memiliki jejaring bidan, maka bisa dirujuk ke rumah sakit untuk persalinan.

Baca juga :  Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Jenis pelayanan persalinan normal yang ditanggung BPJS, seperti pemeriksaan ANC, persalinan pervaginam normal, penanganan perdarahan paska keguguran, persalinan pervaginam dengan tindakan emergensi dasar, dan pelayanan tindakan paska persalinan. 

Leave a Comment