Q&A

Apakah Berarti Bila Iuran PBI Dibayar Pemerintah Maka Peserta Tidak Lagi Membayar Iuran Bulanan?

BPJS Kesehatan dibagi menjadi dua jenis yakni PBI dan Non PBI. Untuk peserta BPJS PBI atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta fakir miskin dan masyarakat yang tidak mampu. Hal ini sendiri sesuai dengan apa yang diamanatkan UU SJSN. Untuk iuran dari peserta PBI ini sendiri dibayar oleh Pemerintah sebagai program Jaminan Kesehatan dengan sistem gotong royong.

Lalu apakah peserta PBI tidak lagi membayar iuran bulanan? Jawabannya adalah iya, peserta BPJS PBI hanya membayar uang pendaftarannya ketika akan berobat saja sedangkan untuk iuran bulanannya tidak perlu lagi membayar lagi. Peserta BPJS PBI hanya bisa memperoleh pelayanan BPJS Kelas 3. Berbeda dengan BPJS PBI, peserta BPJS Non PBI harus membayar iuran tiap bulan.

Untuk peserta BPJS PBI sendiri hanya bisa berobat di fasilitas tingkat 1 seperti puskesmas kelurahan atau desa saja dan tidak diperkenankan naik kelas saat dirawat. Selain itu, peserta BPJS Non Penerima Bantuan Iuran di kelas 3 tidak perlu memiliki rekening bank. Untuk pendaftarannya calon peserta dapat mendaftarkan diri secara pribadi dengan langsung ke kantor BPJS terdekat.

Sedangkan yang masih bekerja, calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui perusahaan tempat calon peserta itu bekerja dan perusahaan akan mendaftarkannya ke BPJS. Semoga artikel ini bermanfat bagi masyarakat yang memang tidak mampu untuk membayar asuransi kesehatan sebagai jaminan kesehatannya.

Baca juga :  Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan dengan JKN Online

Leave a Comment