Q&A

Apakah Ada Perbedaan Pelayanan Antara BPJS Kesehatan PBI Dengan BPJS Non PBI

BPJS Kesehatan memiliki dua jenis berbeda yakni BPJS Kesehatan PBI dengan BPJS Non PBI. Keduanya memang berbeda, namun apakah ada perbedaan pelayanan antara keduanya? Jawabannya ada, namun pelayanan tersebut dibedakan atas dasar kelas dan fasilitasnya bukan karena jenis BPJSnya. Berikut perbedaan antara BPJS PBI dan Non PBI.

Untuk peserta Non-PBI berhak atas fasilitas kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 BPJS. Sedangkan untuk peserta PBI hanya berkah untuk pelayanan kesehatan kelas 3 saja. Selain itu, pelayanan yang diterima oleh peserta BPJS PBI hanya dapat dilayani di fasilitas tingkat 1 puskesmas kelurahan atau desa saja.

Untuk peserta BPJS Kesehatan Non PBI dapat memilih pelayanan dari fasilitas kesehatan yang telah ditentukan dan sudah bekerjasama dengan BPJS sesuai dengan domisili dimana peserta tersebut mendaftarakn diri. Hanya saja ada kesamaan diantara kedua jenis BPJS tersebut yakni di kelas 3 tidak bisa naik kelas ketika dirawat.

Itulah perbedaan pelayanan antara BPJS Non PBI dan PBI. Perbedaan tersebut ada pada fasilitas kesehatan yang diterima sehingga pelayanannya juga nantinya menyesuaikan dengan fasilitas atau kelas yang dimiliki. Sedangkan untuk yang lainnya tidak ada perbedaan kecuali pada PBI yang tidak membayar premi karena sudah dibayarkan oleh pemerintah.

Itulah jawaban untuk pertanyaan apakah ada perbedaan pelayanan antara BPJS PBI dan Non PBI. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memberikan informasi untuk Anda.

Baca juga :  Apakah Berarti Bila Iuran PBI Dibayar Pemerintah Maka Peserta Tidak Lagi Membayar Iuran Bulanan?

Leave a Comment