BPJS Ketenagakerjaan

Apa Saja Fungsi BPJS Ketenagakerjaan?

Sudahkah Anda mengetahui fungsi BPJS Ketenagakerjaan? Ibarat sebuah perusahaan yang memiliki karyawan tentu memiliki kewajiban untuk mendaftarkan setiap karyawannya dalam berbagai macam program BPJS Ketenagakerjaan. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa seluruh karyawan perusahaan sudah terdaftar dan mendapatkan manfaatnya.

Sebuah perusahaan pun wajib mengelola setiap iuran karyawan mereka. Dengan membayar iuran tersebut nantinya setiap peserta bisa mendapatkan manfaat serta fungsi dari program-program yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi tersebut!

Fungsi Utama BPJS Ketenagakerjaan

fungsi BPJS Ketenagakerjaan

Ada beberapa fungsi sekaligus manfaat jika Anda sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa fungsi dan manfaat tersebut antara lain:

  • Sebagai jaminan kecelakaan kerja

Jaminan Kecelakaan Kerja atau JKK adalah fungsi BPJS Ketenagakerjaan yang akan menjamin karyawan untuk memperoleh layanan kesehatan serta santunan uang jika mengalami penyakit akibat kecelakaan kerja.

Jaminan tersebut digunakan dan diberikan kepada karyawan yang mengalami kecelakaan mulai dari berangkat, di tempat kerja, hingga pulang kerja.

Kemudian, untuk iurannya sendiri sudah menjadi tanggung jawab sepenuhnya bagi perusahaan.

  • Sebagai jaminan hari tua

Fungsi selanjutnya adalah sebagai Jaminan Hari Tua atau JHT. Program yang satu ini adalah jaminan yang diterima oleh karyawan saat mereka sudah memasuki masa pensiun. Program ini bertujuan untuk menjamin karyawan agar tetap menerima uang tunai meskipun mereka sudah pensiun.

  • Sebagai jaminan pensiun

Program yang satu ini juga diberikan bagi karyawan yang sudah memasuki usia pensiun. Adapun tujuannya adalah untuk mempertahankan kelayakan hidup saat mereka kehilangan atau berkurang penghasilannya karena sudah tidak bekerja.

Yang menjadi bedanya adalah, jaminan pensiun ini dibayarkan selama perbulan. Dengan catatan maksimal 180 bulan sejak masa pensiunnya. Manfaatnya, iuran dapat diturunkan ke anaknya jika karyawan tersebut sudah meninggal dunia.

  • Sebagai jaminan kematian
Baca juga :  Berapa Potongan BPJS Ketenagakerjaan?

Program ini memberikan jaminan bantuan dana apabila karyawan atau peserta BPJS Ketenagakerjaan mengalami kematian bukan karena kecelakaan. Umumnya, santunan tersebut akan langsung diberikan kepada ahli warisnya.

Selain beberapa fungsi BPJS Ketenagakerjaan di atas, masih ada fungsi lain yang bisa Anda dapatkan bagi seorang karyawan. Terlebih jika Anda sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan selama kurang lebih 5 tahun. Berikut beberapa fungsinya:

  • Fasilitas kredit pemilikan rumah atau KPR

Fungsi ini bisa dimanfaatkan baik itu rumah subsidi untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah ataupun rumah non subsidi. Dengan begitu, BPJS akan membantu karyawan memiliki rumah sendiri dengan cara mencicil dalam waktu beberapa tahun.

  • Sebagai program beasiswa pendidikan bagi anak karyawan yang memiliki ekonomi kurang mampu. Sebagai seorang karyawan, Anda tidak perlu khawatir soal pendidikan anak. Anda masih bisa mendapatkan fungsi dari BPJS Ketenagakerjaan sebagai program beasiswa pendidikan tingkat akhir maupun kuliah.
  • Sebagai program pelatihan bagi karyawan untuk mengenal bagaimana cara menurunkan risiko dari kecelakaan kerja. Tentu saja hal tersebut dilakukan agar setiap karyawan terhindar dari kecelakaan kerja meskipun sudah memiliki jaminan kecelakaan kerja.
  • Sebagai layanan jasa konsultasi dalam merencanakan pekerjaan konstruksi. Hal tersebut diberikan agar Anda tidak mengalami kesalahan teknis saat pekerjaan berlangsung. Dengan begitu, tentu saja akan mengurangi atau meminimalisir risiko kecelakaan kerja.

Itulah beberapa fungsi yang didapat dari BPJS Ketenagakerjaan. Setiap iuran yang dibayarkan digunakan untuk mendanai berbagai program yang ada dalam menjamin kesejahteraan karyawan di Indonesia. Dengan begitu, setiap perusahaan tidak perlu menyediakan lagi jaminan sosial lainnya secara khusus.

Selain itu, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tentu saja dapat menjadikan karyawan merasa lebih aman dalam melakukan pekerjaan. Dengan rasa tersebut terciptalah produktivitas dan kinerja dari karyawan tersebut dengan baik.

Baca juga :  Daftar Nomor Telpon BPJS Ketenagakerjaan Seluruh Indonesia

Leave a Comment