Q&A

Apa Beda nya BPJS dan KIS?

Isu kenaikan kembali tarif BPJS kembali menghangat dan sedikit orang mengeluh karena sebelumnya tarifnya dikabarkan akan turun. Namun sebenarnya untuk masyarakat miskin sendiri tidak perlu khawatir karena pemerintah menyediakan KIS atau Kartu Indonesia Sehat yang dirilis pada tahun 2014. Lalu sebenarnya apa perbedaan antara BPJS dan KIS?

  1. Perbedaan yang pertama adalah bentuknya, Untuk kamu yang belum tahu, KIS adalah program jaminan kesehatan untuk masyarakat kurang mampu yang dikenal juga sebagai BPJS PBI atau BPJS Penerima Bantuan Iuran. Sedangkan BPJS itu sendiri merupakan badan pengelolanya.
  2. Perbedaan selanjutnya adalah penggunanya. KIS hanya dimiliki oleh masyarakat miskin dan kurang mampu saja. Sementara itu, kartu jaminan kesehatan yang dikelola BPJS, yang diseut JKN, wajib dimiliki seluruh warga negara Indonesia baik mampu ataupun kurang mampu.
  3. Perbedaan ketiga ada pada wilayah pemakaiannya. Untuk KIS sendiri bebas dugunakan dimana saja sedangkan untuk pemilik JKN dari BPJS terbatas. KIS kartu bisa digunakan di klinik, puskesmas, dan rumah sakit dimanapun di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk kartu JKN hanya bisa digunakan terbatas diwilayah yang didaftarkan.
  4. Perbedaan selanjutnya adalah manfaat yang diterima. Untuk pemilik KIS bisa menggunakan jaminannya untuk segala perawatan kesehatan mulai dari pencegahan maupun pengobatan.  Sementara itu untuk kartu JKN dari BPJS hanya dapat digunakan ketika pemilik dalam kondisi benar-benar sedang sakit atau dirawat saja.
  5. Perbedaan terakhir adalah pembayaran preminya. Untuk KIS biaya preminya berasal dari  subsidi pemerintah. Biaya yang dikeluarkan hanya terbatas pada pendaftarannya saja. Sedangkan untuk kartu JKN yang dikelola BPJS, premi dibayarkan setiap bulannya sesuai dnegan tarif kelasnya.

Bagaimana? Sekarang sudah paham bukan apa perbedaan dari BPJS dan KIS serta satu lagi yakni JKN? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Baca juga :  Cara Mudah Cek Denda BPJS Kesehatan

Leave a Comment