Q&A

Ada Berapa Macam Kartu BPJS?

BPJS adalah program pemerintah untuk memberikan jaminan sosial pada masyarakat. Nah untuk Anda yang belum tahu, BPjS sendiri ada dua jenis yakni yang pertama adalah BPJS Kesehatan dan yang kedua adalah BPJS Ketenagakerjaan. Lalu apa bedanya? Nah berikut ini penjelasan mengenai perbedaan dari dua jenis Kartu BPJS tersebut lengkap dengan program-programnya.

BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan dulunya bernama PT. Jamsostek. Jenis kartu BPJS ini ditujukan untuk mereka yang bekerja. BPJS Ketenagakerjaan sendiri diatur di dalam UU No 40 Tahun 2004 yang terkait dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional. Terdapat beberapa program dari BPJS Ketenagakerjaan yakni:

  • Program Jaminan Hari Tua (JHT)
  • Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
  • Program JKM (Jaminan Kematian)
  • Program Jaminan Pensiun

BPJS Kesehatan

Sedangkan jenis kartu BPJS Kesehatan ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia baik yang mampu maupun tidak mampu. Ada beberapa jenis program yang dimiliki BPJS Kesehatan yakni sebagai berikut :

  • BPJS-PBI (Bantuan Penerima Iuran) dimana pesertanya merupakan masyarakat kurang mampu dan tidak diwajibkan membayar iuran dan dikenal juga sebagai KIS atau Kartu Indonesia Sehat.
  • BPJS-Non PBI (Bukan Penerima Bantuan Iuran) dimana pesertanya adalah masyarakat golongan mampu yang harus membayar sesuai dengan kelasnya

Itulah jenis dari Kartu BPJS yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memberikan informasi seputar produk BPJS yang wajib kita ketahui agar dapat memanfaatkannya dengan baik.

Baca juga :  Apakah Berarti Bila Iuran PBI Dibayar Pemerintah Maka Peserta Tidak Lagi Membayar Iuran Bulanan?

Leave a Comment