Q&A

Ada Berapa Macam BPJS?

BPJS Ketenagakerjaan

Untuk Anda yang tidak bekerja mungkin Anda tidak begitu memahami jika BPJS sebenarnya ada dua jenis yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Kedua jenis BPJS ini memiliki perbedaan tujuan dan juga pesertanya. Kita sendiri harus memahaminya agar dapat memanfaatkan program jaminan sosial yang diberikan oleh pemerintah ini. Lalu apa tujuan kedua produk BPJS?

Yang pertama adalah BPJS Kesehatan yang mana memiliki tujuan untuk memudahkan akses layanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia Indonesia. Program ini diberikan dan juga diwajibkan untuk diikuti tanpa mempertimbangkan faktor kemampuan ekonomi. BPJS Kesehatan mengusung prinsip gotong royong pada program ini.

Program ini sendiri menggantikan landasan fee for service yang mana diterapkan di banyak rumah sakit di Indonesia. BPJS Kesehatan mengatur berbagai program mulai dari rujukan, medical pathway, serta besaran biaya yang ditanggung masyarakat.

Sedangkan program BPJS kedua adalah BPJS Kesehatan yang mana bertujuan melindungi semua pekerja di Indonesia. BPJS Ketenagakerjaan sendiri ini sebenarnya sudah ada sejak dulu dengan nama Jamsostek yang memberikan empat perlindungan utama pada pekerja yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, dan Jaminan Pensiun.

Nah itulah perbedaan dari dua jenis BPJS yang ada. Dari tujuannya yang berbeda, maka memungkinkan untuk dimiliki sekaligus. Namun tidak menutup kemungkinan juga kita hanya bisa memiliki satu jenis BPJS saja yakni BPJS Kesehatan karena tidak bekerja seperti Ibu Rumah Tangga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment