Q&A

Ada Berapa Kelas BPJS Kesehatan?

Berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan terbagi atas 3 kelas yakni 1, 2 dan 3. Selain ada perbedaan dari jumlah iuran, fasilitas yang didapatkan oleh ketiganya pun berbeda. Nah berikut informasi yang mungkin bermanfaat untuk Anda yang mungkin ingin naik kelas BPJS atau ingin tetap di kelas yang sekarang.

Kelas 1 BPJS Kesehatan

Yang pertama adalah Fasilitas Kelas 1 yang mana merupakan pilihan pelayanan fasilitas kesehatan dengan kriteria paling baik. Untuk peserta BPJS Kelas 1 akan mendapatkan ruang perawatan dengan kapasitas pasien antara 2-4 orang. Tentunya ruangan untuk kelas 1 ini paling nyaman diantara kelas lainnya.

Selain itu, Anda bisa pindah ke fasilitas VIP dengan catatan Anda nantinya harus membayarkan kekurangan biaya fasilitas VIP yang tidak ditanggung oleh BPJS kelas 1. Untuk iuran bulanan kelas 1 setelah diputuskan naik kembali adalah Rp. 150.000,- yang sebelumnya sempat turun sejumlah Rp. 80.000,-.

Kelas 2 BPJS Kesehatan

Untuk selanjutnya ada BPJS Kesehatan Kelas 2 yang mana Anda akan mendapatkan dengan ruang perawatan dengan jumlah pasien 3-5 orang. Selain itu, Anda bisa mengupgrade ke BPJS Kelas 1 atau kelas VIP saat melakukan perawatan inap di rumah sakit. Caranya sama dengan pmembayar sejumlah kekurangan biaya yang tidak ditanggung oleh BPJS kelas 2.

Untuk biaya premi bulanan dari BPJS Kelas 2 kini adalah Rp. 100.000,- dimana sebelumnya sempat turun menjadi Rp. 51.000,-.

Kelas 3 BPJS Kesehatan

Selanjutnya adalah kelas 3 yang mana fasilitas perawatan yang ditawarkan ini memiliki kapasitas pasien antara 4 – 6 orang. Hanya saja sayangnya fasilitas kelas 3 BPJS Kesehatan di beberapa rumah sakit masih memiliki ruang rawat inap dengan jumlah pasien lebih banyak yang membuat pasien kurang nyaman. 

Baca juga :  Cara Komplain BPJS Kesehatan, Begini Tipsnya

Untuk BPJS Kelas 3 sendiri terbagi atas dua jenis yakni PBI dimana preminya dibayarkan oleh pemerintah sedang yang kedua adalah Non PBI yang mana harus membayarkan premi terbatubyakni Rp. 42.000,- setelah sebelumnya turun hingga Rp. 25.000,-

Leave a Comment